UNBK Sempat Tertunda 55 Menit


UNBK Sempat Tertunda 55 Menit
Ilustrasi. Net
Posted by:

MUARA ENIM – Hujan deras disertai petir keras yang mengguyur Kota Muara Enim, Selasa (5/4) sekitar pukul 19.30 WIB, membuat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  hari ketiga, Rabu (6/4)  di SMAN 2 Muara Enim sempat tertunda hampir selama  55 menit. Itu disebabkan jaringan lokal internet di sekolah tersebut mengalami gangguan akibat terkena petir.
            Adanya gangguan internet tersebut jelas membuat para peserta ujian di sekolah itu menjadi tertunda hingga 55 menit. Beruntung pihak sekolah langsung melaporkan kejadian tersebut kepada penyedia jasa layanan internet, PT Telkom sehingga jaringan pun kembali pulih untuk pelaksanaan UNBK.
              “Layanan internet diduga sudah mati total sejak selasa malam karena adanya gangguan cuaca, siswa baru bisa memulai ujian tepat pada pukul 08:55 WIB atau tertunda sekitar 55 menit dari jadwal yang ditentukan,” kata Kepala SMA Negeri 2 Muara Enim, Ritta Riana, Rabu (6/4).
               Menurutnya,  pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 2 Muara Enim diikuti sebanyak 90 siswa  yang terbagi di tiga lokal kelas. Meski ujian sempat tertunda karena mengalami kendala jaringan, namun Ritta mengungkapkan hal tersebut tak mengurangi durasi menit yang disediakan panitia pelaksana ujian nasional kepada peserta siswa.  
              “Jadi dengan penundaannya, maka jam pelaksanaan hanya dimundurkan, durasi tetap berlangsung selama 120 menit yang dimulai sejak komputer peserta terhubung ke server pusat,” bebernya.
              Sementara itu, Kepala PT Telkom Cabang Muara Enim, Latif mengatakan putusnya jaringan lokal internet sekolah SMA Negeri 2 Muara Enim disebabkan jaringan down sejak cuaca buruk yang melanda Muara Enim Selasa Malam. “Setelah kita mendapat laporan dan dicek langsung, ternyata modem hub-nya harus diganti karena sudah rusak oleh petir,” ucapnya.
                  Dia menuturkan selama berlangsungnya UNBK, pihaknya telah melakukan antisipasi  dengan menerjunkan teknisi lapangan di seluruh sekolah yang melaksanakan ujian via online.
             “Di setiap sekolah sudah ada satu petugas teknisi yang diterjunkan. Alhamdulillah gangguan jaringan di SMA Negeri 2 cepat teratasi, tim kami cukup cepat tanggap membantu pelaksanaan UNBK di Muara Enim,” jelasnya.
             Sedangkan Kasi pendidikan SMA Dinas Pendidikan Muara Enim, Marsip Agustam saat meninjau jalannnya UNBK mengatakan Disdik akan terus memantau kelancaran UNBK yang berlangsung 1-7 April ini. Menurutnya sampai saat ini, belum ada laporan pihak sekolah yang mengalami kendala berarti saat UNBK berlangsung.
            Dia, meski UNBK perdana di Muara Enim, namun pihaknya cukup banyak menggelar UNBK ditahun ini karena ada tujuh sekolah yakni di SMK Negeri 1 Muara Enim, SMK Negeri 1 Gelumbang, SMK Bukit Asam, SMA Negeri 1 Unggulan Muara Enim, SMA Negeri 2 Muara Enim, SMA Negeri 1 Lawang Kidul dan SMA Bukit Asam.
             Dia berharap UNBK yang tinggal menyisakan beberapa hari berlangsung lancar tanpa kendala berarti baik bagi sekolah dan siswa. Namun disisi lain bila masih ada kendala tentu tim sekolah telah siap segala hal dan resiko yang mengganggu jalannya ujian, mereka sudah siap genset bila listrik mati, ataupun tim teknisi jaringan bila internet mengalami gangguan. (luk) 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses