1.000 Personel Amankan Festival GMT

1.000 Personel Amankan Festival GMT
Ilustrasi Gerhana Matahari Total.
Posted by:

PALEMBANG – Polres Kota Palembang dibantu Polda Sumatera Selatan mengerahkan sedikitnya 1.000 personel untuk pengamanan fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) di Jembatan Ampera, 9 Maret 2016 mendatang.
“Karena jembatan itu akan ditutup agar warga bisa menyaksikan Gerhana Matahari Total. Jadi akan ada banyak orang berkumpul di sana, makanya untuk menghindari sesauatu hal akan kita tutup dan di alihkan sementara,” ujar Wakil Kepala Polresta Palembang, AKBP Iskandar Sukisna.
Pengerahan personel dengan jumlah itu bukannya berlebihan. Sebab, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggelar acara pengamatan fenomena alam di jembatan itu mulai dari pukul 00.00 WIB hingga 12.00 WIB. Artinya, jembatan itu bisa dipadati orang selama 12 jam dan pengguna jalan juga harus mengambil jalur alternatif lain yakni Musi II sebagai penghubung Ulu dan Ilir Kota Palembang.
“Pengerahan personel itu semata-mata demi lancar, tertib dan amannya masyarakat yang hendak menyaksikan fenomena gerhana matahari total. Karena dimana ada keramaian, pasti ancaman keamanannya semakin tinggi. Bahkan kita juga menyebar anggota berpakaian preman di beberapa titik sekitar Ampera guna memastikan keamanan,” ujar Iskandar.
Terlebih lagi, dalam momen tersebut, ada sembilan fotografer mancanegara yang dilaporkan akan mengabadikan fenomena alam itu dari Jembatan Ampera.
“Tetapi, kami tidak spesifik mengamankan para fotografer dunia itu. Sejauh ini belum ada permintaan pengamanan. Jadi kami amankan secara umum saja,” ungkapnya.
Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi dari 12 provinsi di Indonesia yang dilintasi oleh Gerhana Matahari total. Selain Kota Palembang, 11 provinsi lain yang dilintasi adalah Bengkulu, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.
Kementerian Pariwisata menargetkan 5 juta wisatawan nusantara dan 100.000 wisatawan mancanegara untuk menikmati GMT 2016 di Indonesia, 9 Maret 2016. Lebih dari 100 event digelar untuk meramaikan fenomena alam GMT pada 9 Maret 2016. (vot)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses