1 Ramadhan Jatuh Pada 17 Mei

1 Ramadhan Jatuh Pada 17 Mei
Posted by:

PALEMBANG-
1 Ramadhan 1439 Hijriyah atau awal bulan suci Ramadhan 1439 hijriyah diperkirakan jatuh pada 17 Mei 2018 mendatang atau tepatnya pada hari Kamis nanti. Hal ini diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Drs H Paidol Barokah, MPdI saat diwawacarai sesuai menggelar Rukyatul Hilal di rooftop Hotel Aryaduta Palembang, Selasa (15/5/18).
Paidol mengatakan, Berdasarkan hasil Rukyatul Hilal yang digelar tadi, 1 Ramadhan 1439 Hijriyah jatuh pada 17 Mei 2018. “Ya, jadi awal bulan suci ramadhan yaitu pada hari kamis nanti,” katanya.
Ditetapkannya 1 Ramadhan 1439 H jatuh pada 17 Mei tersebut karena hisab hilal di palembang masih di bawah ufuk. “Matahari terbenam pukul 17:57:58 WIB, Ketinggian hilal di Palembang pada sore ini minur 0 derajat minus 2 detik dan minus 12 menit di bawah ufuk mar’i,” ujar Paidol.
Paidol mengungkapkan, untuk Azzimut Matahari terbenam 18 derajat, 52 detik dan 49 menit di utara titik barat dan azzimut bulan terbenam 14 derajat, 5 detik dan 56 menit di utara titik barat. “nah karena pada saat matahari terbenam masih dibawah ufuk, maka hilal pada sore in tidak mungkin dapat di rukyat. makanya 1 Ramadhan kemungkinan jatuh pada kamis nanti,” ungkapnya.
Hasil Rukyatul Hilal yang dilakukan pihaknya pada hari ini akan segera dilaporkan pihaknya ke Kemenag RI. “Hasil rukyat sore ini langsung kita sampaikan kepada Kemenag RI, untuk menjadi bahan pertimbangan atau penetapan 1 ramadhan melalui sidang isbat nanti,” kata Paidol. (cw05)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses