10 Tahun Sampah Menumpuk di Rusun

10 Tahun Sampah Menumpuk di Rusun
Walikota Palembang H Harnojoyo ikut bersama masyarakat membersihkan drainase di rusun.
Posted by:

PALEMBANG- Kesadaran warga untuk tidak membuang sampah sembarangan, masih rendah. Bahkan, masih banyak yang membuang sampah di saluran air atau drainase, seperti yang terjadi di kawasan Rumah Susun (Rusun) Blok 9-38.

Menurut informasi dari warga, sampah tersebut memang tidak pernah dibersihkan selama sepuluh tahun. Hal ini dilaporkan warga ke Wali Kota Palembang, H Harnojoyo. Minggu (9/4/2017) Harnojoyo langsung ke lokasi dan melakukan gotong royong bersama warga. Melihat sampah yang menumpuk tersebut, Harnojoyo bergabung bersama warga langsung turun ikut membersihkan.

“Ini membuat air tidak bisa mengalir lancar, dan tentu saja dampaknya jadi banjir. Kita harap, kedepan warga jangan lagi membuang sampah di saluran air ini. Karena, yang rugi masyarakat yang tinggal disini, kalau banjir,” kata Harnojoyo.

Harno menambahkan, Palembang memang memiliki permasalahan pada sungai dan drainase. Diantaranya, pendangkalan sungai dan kurangnya kesadaran masyarakat karena masih menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah. “Karena itu, Pemkot Palembang terus melakukan gotong royong sebab ini merupakan upaya dalam mengembalikan fungsi sungai dan drainase. Pemkot Palembang ingin bercita-cita mengembalikan fungsi sungai di Palembang. Kita juga ingin mengajak masyarakat yang tinggal di bantaran sungai termasuk anak-anaknya, untuk merasakan arti penting peran sungai di lingkungan,” terangnya.

Sementara warga Rusun, Indra mengaku, kaget melihat wali kota langsung turun ke saluran air yang penuh sampah. “Jujur kami sebagai warga jadi malu, melihat wali kota turun langsung mengambil sampah yang sudah menumpuk lebih dari 10 tahun,” ulasnya. (ika)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses