10 Orang Terjangkit Penyakit Kaki Gajah, 1 Meninggal

10  Orang Terjangkit Penyakit Kaki Gajah, 1 Meninggal
Sejumlah pegawai Dinas Kesehatan Lahat saat meminum obat pencegah kaki gajah, Senin (9/10). Foto Arif Palembang Pos
Posted by:

LAHAT – Kabupaten Lahat belum terbebas dari penyakit kaki gajah. Angka dimiliki Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lahat, dalam tahun 2017 terdapat 11 warga terjangkit kaki gajah, satu diantaranya sudah meninggal dunia. Sedangkan 10 penderita terus mendapat perhatian Dinkes Lahat. Kepala Dinkes Lahat, dr H Rasyidi Amri, melalui Kabid Pengendalian Penyakit, H Ubaidillah mengungkapkan, 10 penderita kaki gajah berdomisili di Kecamatan Kota Lahat satu orang, masing-masing dua orang di Kecamatan Kikim Selatan dan Merapi Barat, serta lima orang di Kikim Barat.

“Awalnya 11 penderita, satu orang di Kecamatan Kikim Selatan sudah meninggal,” katanya. Agar penderita penyakit yang disebabkan cacing filaria ini tidak bertambah, Dinkes Lahat kembali menyebarkan obat pencegah penyakit kaki gajah secara serentak, di 33 Puskesmas. Apalagi bila sudah terkena kaki gajah, kakinya tidak diamputasi, tapi bakal cacat seumur hidup.

Namun, dapat disembuhkan apabila ditangani dengan cepat. Tahun ini, dinkes kembali melakukan sosialisasi bulan eliminasi kaki gajah. Memberikan obat pencegah kaki gajah ke seluruh wilayah di Kabupaten Lahat. Dengan sasaran mulai dari usia dua tahun, hingga 70 tahun. Berharap tahun depan, tidak ada lagi masyarakat yang terjangkit kaki gajah.”Obat ini tidak boleh bagi mereka menderita penyakit darah tinggi, ginjal, ibu hamil, dan epilepsi,” katanya. (rif)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses