1000 Pemilih Genap Berumur 17 Tahun

1000 Pemilih Genap Berumur 17 Tahun
Posted by:

 

*Ketika 17 April 2019

 

PAGARALAM – 1000 pemilih akan genap berusia 17 tahun pada saat Pemilu 17 April 2019 mendatang. Komisi Pemilihan Umum Kota Pagaralam memastikan mereka berhak menggunakan hak pilihnya. “Kurang lebih ada 1000 pemilih yang ketika tanggal 17 April 2019, umurnya berusia 17 tahun,” ucap Komisioner KPU Kota Pagaralam Divisi Program dan Data, Rahmat Qori Setiawan Amd, ditemui kemarin.

 

Qori menyebutkan, diperoleh dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Qori pun memastikan 1000 pemilih yang akan berusia 17 tahun pada April tahun depan itu berhak melakukan pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS). Mereka disebutkannya, akan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tetap. “Dengan catatan mereka sudah merekam KTP-el,” lanjut Qori.

 

Itulah sebabnya Qori mengimbau pemilih yang masuk kategori pemula perekaman KTP-el. Caranya dengan mendatangi kantor kecamatan maupun kelurahan. Memang diakuinya, pemilih yang genap berusia 17 tahun pada tahun depan ini belum akan diberi KTP-el. Tapi paling tidak katanya, mereka akan mendapatkan surat keterangan (Suket).

 

Meskipun kelak tak masuk DPT, tapi sudah merekam KTP-el, para pemilih tersebut masih berhak memilih. Mereka tinggal mendatangi TPS di domisili sesuai KTP-el maupun Suketnya. Di TPS mereka akan dicatat sebagai pemilih tambahan. “Nanti akan masuk dalam DPT tambahan (DPTb),” tutur Qori.

 

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Dukcapil Kota Pagaralam, Zulkifli SSos menyatakan pihaknya akan jemput bola dengan mendatangi sekolah-sekolah. Sasarannya katanya, adalah pemilih yang pada 17 April 2019 umurnya genap 17 tahun. “Yang penting mereka sekarang merekam dulu. Kalau untuk kartunya kami akan kasih sebelum hari pencoblosan,” ujar Zulkifli menjelaskan.

 

Saat ini KPU masih melakukan penyusunan hasil perbaikan terhadap Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPSHP). Rencananya hasil perbaikan terhadap DPSHP inilah yang akan ditetapkan sebagai DPT Pemilu 2019. Qori memperkirakan penetapan DPT Pemilu 2019 dilaksanakan pada 20 Agustus mendatang. (cw08)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses