13 Ribu Bilik Suara Dicuri

13 Ribu Bilik Suara Dicuri
Ribuan bilik suara yang tersisa dari aksi pencurian yang masuk ke kantor KPUD Palembang yang diperkirakan dilakukan Jumat dinihari (8/4). Foto IST
Posted by:

PALEMBANG – KPUD Palembang yang terletak di Jalan Mayor Santoso No.02, Kelurahan 20 Ilir D-III, Kecamatan Ilir Timur I disatroni pencuri. Kawanan pencuri tersebut berhasil membawa kabur 13.028 bilik suara yang terbuat dari bahan aluminium.
Mengetahui hal ini, KPU Palembang langsung melaporkan kejadian ini ke Polsek Ilir Timur I, Senin (11/4) sekitar pukul 10.00 WIB. Atas kejadian ini, ditaksir kerugian KPUD Palembang sekitar Rp 13 juta.
Ketua KPUD Palembang, Syarifuddin menjelaskan, peristiwa pencurian ini baru diketahui pada Jumat (8/4) sekitar pukul 09.00 WIB. Saat itu petugas cleaning service tengah melakukan tugas stock opname (pendataan) ribuan bilik suara yang tersimpan di halaman belakang.
“Saat dilakukan stock opname pada malam sebelumnya (Kamis, 7/4), seluruh bilik suara tersebut masih ada pada tempatnya. Tapi, besoknya saat dilakukan hal serupa sudah tidak ada lagi,” tukasnya.
Mengetahui sudah ada bilik suara yang tidak ada pada tempatnya alias raib, KPU Palembang langsung melakukan pendataan terhadap bilik seuara. Hasilnya, sebanyak 13.028 bilik suara telah hilang dari 14 ribu bilik suara yang ada.
Ia menambahkan, akibat kejadiab ini, pihaknya akan mengadakan rapat pleno untuk membicarakan terkait kasus hilangnya ribuan bilik suara untuk mencari jalan keluarnya, karena bilik suara tersebut akan digunakan untuk pemilihan umum pada Juni 2018 mendatang.
“Tak hanya itu, kami juga akan melapor ke KPUD Sumsel untuk dapat memenuhi kekurangan tersebut. Sedangkan ke pihak kepolisian kami sudah melaporkannya,” kata dia.
Kapolsek IT I, Kompol Zulkarnain, saat dikonfirmasi membenarkan, adanya kejadian hilangnya ribuan bilik suara di KPUD Palembang. Laporan telah diterima dengan bukti Nomor LP/230-B/TV/2016/Sumsel/Resta/Sek IT I.“Laporan sudah kami terima dan kami juga sudah melakukan olah TKP. Saat ini kami masih melakukan penyelidikan,” ujar dia. (cw02)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses