14 Rumah Ludes Terbakar di 5 Ulu Darat

14 Rumah Ludes Terbakar di 5 Ulu Darat
Posted by:
PALEMBANG – SI jago merah kembali mengamuk. Kali ini,  api berkobar di Jalan KH Wahid Hasyim Lorong Terusan I RT 42 Kelurahan 5 Ulu Darat  Palembang, kemarin (12/08/18), sekitar pukul 14.45 WIB.

Sedikitnya 14 rumah warga setempat ludes terbakar.  Belum diketahui asal api. Dugaan  sementara berasal dari salah satu kompor milik warga yang meledak. Api langsung membesar hingga melahap rumah di permukiman padat penduduk tersebut.

Warga yang mengetahui adanya api langsung menghubungi pihak Dinas Penanggulan Bencanan Kebakaran (PBK) Kota Palembang. Setelah berjuang satu jam, dengan  12 unit mobil PBK  dan dibantu warga, akhirnya api dapat dipadamkan.

Akibat kejadian tersebut, sedikitnya 14 rumah dengan 17 Kepala Keluarga (KK), kurang lebih 65 jiwa harus kehilangan tempat tinggal.  17 KK yang kehilangan tempat tinggalnya yakni, Jambak, Dedi 2 KK, Ernisa, Johan 2 KK, Nursia, Nungcik, Ujang, Wati, Majri, Karnen, Suryadi, Rosada, Yus, Rusdi dan Suri.

“Api berasal dari kediaman Jambak,” kata Yusuf  Ketua Rukun Tetangga (RT) 42 saat ditemui Palembang Pos di lokasi kejadian.

Ditanya penyebab terjadinya kebakaran, Yusuf mengaku belum mengetahui pasti penyebabnya. “Belum tahu, ada warga yang mengatakan kompor meledak dan ada warga yang mengatakan korsleting listrik,” ungkapnya.

Dikatakan Yusuf, api berhasil dipadamkan satu jam setelah terjadinya kebakaran. “Kebakaran terjadi pada pukul 14.45 WIB, satu jam kemudian api bisa dipadamkan petugas PBK dan dibantu oleh warga,” ujarnya.

Sedangkan, salah satu warga yang tidak mau dikorankan namanya mengatakan,  api diduga berasal dari kompor yang meledak.

“Awalnya terdengar seperti orang menghidupkan kompor, Pak, secara berulang kali. Kemudian tiba-tiba api langsung membesar dengan seketika,” singkatnya.

Ditambahkan Lurah 5 Ulu, Istifar Cholik, pascaterjadinya kebakran tersebut, pihaknya bergerak cepat dengan membangun posko bantuan untuk warga yang membutuhkan bantuan.

‘’Kita sudah membuat posko didepan kediaman warga yang tak terkena kebakaran,” katanya didampingi Ketua RT 42.

Lanjutnya, pascakebakaran yang terjadi di wilayahnya, dia berharap kepada pihak darmawan yang ingin menyumbang bantuan silakan datang ke posko yang sudah dibuat di sekitar rumah warga yang terbakar.

“Ya, yang jelas dibutuhkan warga saat ini adalah pakaian, makanan, selimut, kasur. Jadi kami berharap kepada pihak darmawan yang ingin membantu,” ungkapnya.

Masih dikatakannya, akibat kejadian tersebut kerugian ditafsir ratuasan juta. “Untuk kerugian ditafsir ratusan juta,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas PBK kota Palembang Diki Tatung mengatakan, pihaknya menerjunkan 12 unit mobil PBK dari SU I, SU II dan mobil PBK dari Jalan Merdeka untuk memadamkan api.

“Api berasal kita padamkan satu jam setelah kejadian,” ungkapnya kepada awak media.

Diakuinya, tempat terjadinya kebakaran sulit untuk dijangkau mobil PBK. “Tempat akses mobil sulit, jadi kita kerahkan mobil kecil dan mesin pompa untuk memadamkan api di permukiman warga yang padat ini. Selain itu, rumah warga banyak terbuat dari kayu,” jelasnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat, tetap waspada dengan bahaya kebakaran yang saat ini sering terjadi, masih dikatakanya. Sebelum

meninggalkan rumah terlebih dahulu untuk mengecek listrik, kemudian mengecek alat-alat yang berbahaya yang dapat menimbulkan kebakaran.

“Jika terjadi kebakaran, silakan hubungi kami. Petugas kami siap 24 jam,” pungkasnya. (cw06)

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses