150 Siswa Ikuti Kuis Ki Hajar 2018

150 Siswa Ikuti Kuis Ki Hajar 2018
Posted by:

 

 

PALEMBANG – Sebanyak 150 siswa yang terdiri dari siswa SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA negeri maupun swasta mengikuti kuis Ki Hajar 2018 tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang diadakan oleh Pusat Teknologi dan Komunikasi (Pustekkom) Kemendikbud.

Kepala Balai Teknologi Informasi Provinsi Sumsel, Dr. Nurlina mengatakan jika kuis Ki Hajar ini merupaka serangkaian kegiatan mari belajar yang menggunakan basis E-Learning. “Kuis ini merupakan kegiatan mari belajar yang menggunakan E-Learning. Jadi E-Learning ini mengajarkan siswa dengan cara inovatif, accountable dan tepat. Materi yang disajikan juga materi akademik maupun non akademik tentang keterampilan pemanfaatan dibidang teknologi informasi dalam mempresentasikan media pembelajaran,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan yang diadakan selama dua hari tersebut menyaring 50 siswa dari setiap tingkatan. Dimana sebelumnya mereka sudah lulus seleksi dari sekolah masing-masing. Kepala Bidang (Kabid) RTV Pustekkom, Drs Kusdianto M Si mengatakan, kuis ini diselenggarakan harian dimulai dari bulan Mei sampai September 2018 melalui tayangan Tv Edukasi dan Suara Edukasi. “Kuis yang diadakan setiap tahunnya ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pemanfaatan Teknologi Informasi Komputer (TIK) selain itu juga dimaksudkan untuk memotivasi siswa agar memanfaatkan TIK dalam proses belajar secara optimal,” ujarnya, Rabu, (29/8/18).

Kuis Kihajar ini dilaksanakan di UPT Balai Put Teknologi Informasi Komunikssi Pendidikan (BPTIKP) Sumsel dan peserta harus menyelesaikan dua tes, yaitu tes akademik dan tes presentasi TIK. Sebanyak 20 paket soal telah disiapkan dan disajikan sesuai dengan jenjang sekolah.

Setelah itu, pemenang dari Kuis Ki Hajar ini akan mewakili Provinsi Sumsel untuk selanjutnya dilombakan ditingkat Nasional pada tanggal 12 Oktober di Jakarta. “Jadi siswa ini masih memiliki waktu untuk mensosialisasikan Tv Edukasi ini kepada teman-temannya minimal 100 orang,” tambahnya.

Dikatakannya, pada tahun kemarin Sumsel berhasil masuk peringkat kedua, ia berharap untuk tahun ini Sumsel berhasil meraih peringkat pertama. “Provinsi Sumsel ini sudah menjadi perhitungan bagi provinsi lain, maka dari itu saya berharap Sumsel bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional tahun ini,” tutupnya.(Str)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses