200 Mahasiswa Bersaing di Olimpiade Sains

200 Mahasiswa Bersaing di Olimpiade Sains
Ratusan mahasiswa dari berbagai PT mengikuti Olimpiade Saints di STMIK MDP. Foto Rangga/Palembang Pos
Posted by:

PALEMBANG – Sebanyak 14 Perguruan Tinggi (PT) menggirimkan perwakilannya ikut bersaing dalam perlombaan olimpiade di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Peserta sebanyak 200 mahasiswa ini mendukung Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Sains.
Jadi setiap wilayah Kopertis se-Indonesia tengah menjaring bibit unggul lewat olimpiade MIPA yang diselenggarakan dari kemarin hingga hari ini, Rabu (6/4). Khusus di wilayah Kopertis wilayah II yang menanungi Lampung, Sumsel, Bangka Belitung dan Bengkulu seleksi diselenggarakan di STMIK MDP Palembang, Selasa (5/4).
Selaku juri dari Kemenristek Dikti, Ahmad Muchlis mengatakan sebanyak 200 mahasiswa dari 4 provinsi tersebut bersaing menjadi yang terbaik lewat konsentrasi studi yakni Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. “Ada 14 perguruan tinggi yang mengirim utusan untuk olimpiade ini termasuk Unsri. Artinya seleksi ini benar-benar serius karena akan beradu dengan utusan wilayah Kopertis lain,” katanya.
Melalui olimpiade nasional ini, pihaknya ingin pendidikan MIPA di Indonesia lebih baik kualitasnya. Maka itu lewat seleksi ini pihaknya berharap bisa mempersiapkan SDM berkualitas yang memang benar-benar mencintai bidang MIPA ini. “Setiap tahun kita selalu mendapatkan perwakilan terbaik di setiap wilayah. Dan dari segi mutu peningkatannya cukup signifikan juga. Maka itu yang terbaik dari seleksi ini akan kita persiapkan berkompetisi secara nasional pada Mei nanti,” ungkapnya.
Salah satu peserta, Alfi dari Universitas Negeri Lampung (Unila) mengaku sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi di bidang Biologi. Dari Unila pesertanya ada 20 orang, setiap 1 bidang konsentrasi diikuti oleh 5 orang. Dan rata-sata masih semester 2. Tentunya menjadi tantangan sendiri baginya. “Semoga saja bisa berhasil melalui olimpiade nasional ini. Karena kami optimis dan sudah berusaha sebaik mungkin,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses