2015, Kuliah Gratis Baru Mulai

2015, Kuliah Gratis Baru Mulai
Posted by:

Dewan Baru Godok Raperda

Palembang, Palembang Pos.-
Program kuliah gratis yang dijanjikan H Alex Noerdin dan Ishak Mekki, yang kini telah menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel, baru bisa dimulai September 2015 mendatang. Bahkan, payung hukum untuk pelaksanaan program tersebut baru akan dibahas oleh badan legislasi (Banleg) dan Komisi V DPRD Sumsel.
Demikian dikatakan Kadiknas Sumsel, Widodo, Rabu (5/2), kemarin. Menurutnya raperda mengenai kulian gratis ini sedang digodok. Mengenai konten dari program tersebut seperti apa, masih akan dibicarakan lebih lanjut, termasuk soal kreteria serta pola yang akan digunakan.
”Yang jelas, pola maupun yang akan digunakan, rumusan raperdanya akan kita bahas dan disepakati bersama dalam Banleg maupun Komisi V DPRD Sumsel.  Sehingga tidak menimbulkan multi tapsir yang membingungkan masyarakat,” katanya.
Apabila payung hukumnya telah selesai, maka anggarannya baru bisa dialokasikan. ”Rintisannya Insya Allah akan dimulai September 2015,” kata Widodo.
Menurut Widodo, di Indonesia hanya Sumsel yang melaksanakan kuliah gratis. Akan tetapi di negara Eropa yang sudah maju seperti Jerman, Prancis, dan Swedia telah lebih dahulu menerapkannya. Nah, apakah program kuliah gratis di Sumsel akan mengikuti pola yang saat ini dianut oleh beberapa negara maju tersebut, ataukah akan menggunakan pola sendiri, pihaknya akan meminta pendapat Gubernur Sumsel mana yang pas.
“Saya belum bisa komentar banyak mengenai hal tersebut, sebelum ada dasar hukumnya. Oleh sebab itu raperda yang merupakan dasar hukum dari program ini harus selesai tahun 2014,” katanya.(del)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses