21 Persen Pemilih Jual Suara

21 Persen Pemilih Jual Suara
Posted by:

Hasil Survei CG

Muara Enim, Palembang Pos,-
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Consulting Group (CG), bekerjasama dengan DPD KNPI Muara Enim terhadap sejumlah pemilih di sebagian wilayah Muara Enim, menunjukkan 21,1 persen masyarakat akan menjual suaranya.
“Saat ini kondisi dan situasi dunia politik sangat buruk. Berdasarkan data hasil survey yang dilakukan menujukan bahwa 21,1 % masyarakat  akan menjual suaranya, 33,9 % masyarakat akan memilih berdasarkan hati nurani, 33 % membenci money politik  pada Pemilu Legislatif 9 April mendatang,”ungkap Ketua DPD KNPI Muara Enim, Adriansyah SE didampingi Sekretarisnya, M Farizal Akmal dan pengurus lainnya, Selasa (28/1).
Menanggapi hasil survei tersebut, DPD KNPI Muara Enim mengajak seluruh pemuda untuk menolak terjadinya politik transaksional dan pembodohan. Diejelaskannya, munculnya budaya transaksional antara calon legislative dengan masyarakat dalam penggalangan dukungan sudah mencapai titik yang memperihatinkan. Kedua-duanya baik caleg maupun masyarakat pengen menang. Karena masyarakat juga ingin mendapatkan materi dari para Caleg.
“Ini sudah sangat berbahaya kalau tetap dibiarkan. Bahkan saat ini masyarakat tidak lagi melihat figure dan partai pengusung yang menawarkan program kerja. Masyarakat lebih banyak memilih para tim sukses caleg yang menjanjikan memberikan materi saat akan memberikan suara,” tegas Adriansyah.
Kalau tidak segera disikami, Adriansyah mengkhawatirkan, kalau dewan yang terpilih akan  berorientasi untuk mengembalikan modal kampanye. Untuk itu, lanjutnya, DPD KNPI menentukan 6 sikap yakni mendukung pemilu bersih, jujur, adil dan bermarabat, menggunakan hak pilih dengan bertanggung jawab, menghargai perbedaan pilihan, menjaga situasi dan kondisi yang kondusif, menolak politik uang dan praktek kotor yang mencederai demokrasi serta memilih partai pengusung dan figure yang bersih, berkualitas dan berpihak kepada kepentingan rakyat. Sehingga kualitas calon wakil rakyat yang duduk di DPRD Kabupaten Muara Enim mendatang benar-benar bisa  membawa kepentingan masyarakat. (luk)                                  

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses