21 September, Alex Mundur dari Gubernur

21 September, Alex Mundur dari Gubernur
Posted by:

 

*PLT Ditentukan Mendagri

 

Palembang –

Masa jabatan H Alex Noerdin sebagai Gubernur Sumsel tinggal beberapa pekan lagi. Pasalnya, sejak ditetapkan sebagai calon anggota DPR RI, 21 September 2018 mendatang, yang bersangkutan harus sudah mengundurkan diri.

Plt Ketua DPRD Sumsel H Muhammad Yansuri mengatakan, sesuai UU yang berlaku, Gubernur Sumsel diwajibkan mundur setelah namanya keluar di Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

“Aturannya saat mencalonkan diri jadi anggota legislatif harus mundur dak perlu kita peringatkan lagi. Tapi, Pak Alex kan belum masuk di DCT, setelah namanya keluar di DCT harus lepas jabatan,” ujarnya.

Untuk penggantinya, Yansuri mengatakan, siapa yang berhak menentukan orang yang akan menjadi Plt Gubernur Sumsel itu adalah wewenangnya Mendagri. “Kalau sudah habis masa baktinya tapi belum ada pelantikan, akan digantikan sementara oleh Plt Gubernur yang ditunjuk langsung oleh Mendagri,” tegas Politisi Golkar ini.

Mengenai pelantikan gubernur Sumsel terpilih, Yansuri mengatakan, sampai saat ini belum ada kepastian resmi mengenai jadwal pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan terpilih, pasangan Herman Deru – Mawardi Yahya (HDMY). Namun diprediksi akan dilangsungkan akhir September mendatang.

”Yang jelas, surat penetapan dari KPU Sumsel sudah dikirimkan ke Mendagri beberapa hari setelah rapat paripurna penyampaian Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih periode 2018-2023. Untuk jadwal pelantikan kita belum tahu, karena sekarang dilantik di Istana Merdeka jadi waktunya ditentukan oleh Mendagri. Paling nanti kita dapat undangan,” ungkap Yansuri, usai rapat paripurna, Senin (27/8/2018).

Sementara, Wakil Ketua DPRD Sumsel, Kartika Sandra Desi menambahkan, pelantikan Gubernur terpilih kemungkinan akan dilangsungkan tanggal 27 September mendatang. “Sudah kami tanda tangani dan dikirim ke Mendagri tepat 5 hari setelah rapat penyampaian Gubernur terpilih, 27 September kemungkinan dilantik,” singkatnya.(del/ist)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses