3 Pemain Chapecoense Selamat

3 Pemain Chapecoense Selamat
Posted by:


Pasawat Jatuh di Medelin

Medellin – Sebuah pesawat yang sedang membawa tim dari klub sepakbola Serie A Brasil, Chapecoense, mengalami kecelakaan dan terjatuh di wilayah Kolombia.

Pesawat berisikan 81 orang –72 penumpang dan sembilan kru penerbangan–
itu sedang dalam perjalanan menuju kota Medellin, Kolombia, untuk menghadapi pertandingan leg pertama final Copa Sudamericana lawan Atletico Nacional.

Setelah bertolak dari Bolivia menuju Kolombia, pesawat tersebut diduga terjatuh di daerah pegunungan dekat Medellin sesaat sebelum tengah malam waktu setempat. ”Ini merupakan sebuah tragedi,” kata Walikota Medellin Federico Gutierrez di akun Twitter-nya yang dikutip Sky Sports.

Muncul laporan mengenai kemungkinan adanya korban selamat dari kecelakaan pesawat dengan nomor registrasi CP2933 tersebut. Tindakan penyelamatan juga langsung dilakukan.

Menurut BBC, pertandingan Copa Sudamericana yang seharusnya dilangsungkan pada hari Rabu (30/11/2016) waktu setempat, sudah diputuskan untuk ditunda. Chapecoense, yang tampil di divisi pertama Brasil sejak mendapat promosi pada 2014, berhasil menembus final ajang itu setelah meraih kemenangan atas klub Argentina San Lorenzo pada pekan lalu.

Laporan mengenai penumpang selamat ternyata benar. Tiga pemain dari klub Chapecoense dilaporkan menjadi korban yang selamat dalam kecelakaan pesawat tersebut. Sementara 76 orang dinyatakan tewas.

Para pemain, pelatih, dan staf dari Chapecoense termasuk ke dalam 72 penumpang tersebut. Rombongan itu, yang juga disertai sejumlah jurnalis, hendak terlibat dalam dalam pertandingan yang kira-kira setara dengan Liga Europa di UEFA.

”Enam orang diselamatkan dengan kondisi masih hidup, tapi satu di antaranya kemudian mengembuskan napas terakhir. Penumpang lain meninggal dunia. Kecelakaan tragis ini memakan 76 korban jiwa,” ucap Jose Gerardo Acevedo, pimpinan polisi setempat, seperti dilansir Reuters.

Menurut media-media Brasil, tiga pemain dari klub Chapecoense termasuk di antara enam orang yang selamat. Menurut Reuters, otoritas Kolombia juga sudah mengofirmasinya. Globonews dan SporTV menyebut ketiga pemain itu sebagai bek Alan Ruschel, kiper Danilo, dan kiper cadangan Jakson Follmann. Klub Chapecoense sendiri sudah menyatakan belum akan mengeluarkan pernyataan resmi sampai mendapatkan informasi lebih lanjut dari otoritas Kolombia.

Terkait insiden jatuhnya pesawat tersebut, Federasi Sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL) langsung bersikap. Presiden CONMEBOL Alejandro Dominguez menyatakan bahwa seluruh aktivitas terkait dengan federasi sepakbola di wilayah itu pun untuk sementara dihentikan terlebih dulu.

”Seluruh aktivitas federasi ini dihentikan sampai pengumuman lebih lanjut,” katanya seperti dilansir Reuters.

Tak banyak yang mengenal Chapecoense sebelum kajadian ini. Nama lengkap klub ini Associacao Chapecoense de Futebol, yang dibentuk pada tahun 1973. Chapecoense bermarkas di kota Chapeco, Provinsi Santa Catarina di selatan Brasil, kira-kira 450 km dari Porto Alegre.

Sejak tahun 1979 berkutat di divisi bawah Brasil, Chapecoense kembali ke Serie A pada 2014 dan bertahan hingga saat ini. Ini tentu bukan pencapaian yang biasa saja untuk klub selevel mereka, yang mana lebih didominasi oleh tim-tim besar seperti Corinthians dan Santos. (har/dbs)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses