LAHAT –
November mendatang, KPUD Lahat mulai tahapan penyelenggaraan kegiatan calon perseorangan (independen). Penjaringan awal berupa penyerahan syarat dukungan balon bupati dan wabup akan dimulai. “Tepatnya tanggal 25 November kami mulai tahapan balon jalur perseorangan,” kata Ketua KPUD Lahat Samsurizal, Jumat (4/8).

Tahapan itu dilakukan sesudah penetapan rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) terakhir, sebagai dasar jumlah dukungan minimal pada Minggu (10/9). Serta pengumuman syarat minimal dukungan yang dijadwalkan dimulai Kamis (9/11), hingga Rabu (22/11) mendatang.
“Mendapat dukungan minimal 8,5 persen dari jumlah mata pilih pemilu terakhir,” kata Kasubag Teknis KPUD Lahat, Dahnis.

Bila dihitung, balon indenpenden harus menyerahkan berkas dukungan minimal sebanyak 24.909 KTP. Namun harus tersebar dilebih dari 50 persen, jumlah kecamatan yang ada. Jumlah inilah nantinya akan KPU teliti, baik dari sisi administrasi maupun dari analisis dukungan ganda. “Verifikasi faktual, akan dilakukan oleh PPS dengan cara terjun langsung ke alamat pemberi dukungan,” jelasnya.

Kemudian melakukan rekapitulasi ditingkat kecamatan, dilanjutkan rekapitulasi ditingkat kabupaten. Nanti bakal terlihat, bila pemilik KTP menyatakan tidak mendukung. Tentu saja akan dicoret bila pemilik KTP menyatakan tidak mendukung. “Bagi PNS, TNI, Polri, kades dan perangkat desa, KPU, Panwaslu dan jajaran, sudah jelas dilarang untuk memberikan dukungan kepada balon perseorangan,” tutupnya. (rif)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply