345 Rumah Dapat Bantuan‎ Perbaikan (Program BSPS Tahun 2017)

345 Rumah Dapat Bantuan‎ Perbaikan  (Program BSPS Tahun 2017)
Penyerahan bantuan secara simbolis oleh Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Popo Ali, Senin (31/7). Foto Kriss Palembang Pos
Posted by:

MUARADUA – Sebanyak 345 rumah atau Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten OKU Selatan (OKUS) yang masuk dalam kategori Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pada tahun ini mendapatkan bantuan. Bantuan itu berupa penyaluran dana program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) yang bersumber dari APBN. Penyerahan bantuan ini sendiri ditandai dengan digelarnya launching penyaluran dana program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) tahun 2017 yang dipusatkan didesa Mekar Sari kecamatan Gunung Raya Kabupaten OKU Selatan, Senin (31/7).

Dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten OKU Selatan Ahmad Faris Effendy ST menyebutkan program BSPS tahun 2017 ini sendiri diselenggarakan berdasarkan peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI No 39/PRT/M/2015 tentang perubahan Peraturan Menteri Perumahan Rakyat No 6 Tahun 2013 tentang pedoman bantuan stimulan perumahan swadaya. Dan juga surat keputusan pejabat pembuat komitmen bantuan rumah swadaya provinsi Sumsel anggaran 2017.

Dikatakannya untuk tahun ini, penerima bantuan program BSPS dikabupaten OKUS telah ditetapkan sebanyak 345 rumah dan telah diseleksi oleh koordinator fasilitator yang dibantu oleh tim fasilitator pada masing-masing desa sasaran.
Adapun dari hasil seleksi tersebut, lanjutnya didapat para penerima bantuan BSPS diwilayah OKU Selatan pada tahun 2017 ini yakni desa Mekar Sari Kecamatan Warkuk Ranau Selatan sebanyak109 KK, desa Gunung Raya Kecamatan Warkuk Ranau Selatan100 KK, desa Cukuh Nao Kecamatan Sungai Are 67 KK, dan terakhir desa Sebaja Kecamatan Sungai Are 69 KK.

Adapun untuk bentuk bantuan yang diberikan, jelasnya yaitu bantuan berupa material bangunan untuk memperbaiki rumah tidak layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah.Untuk masing-masing kepala keluarga, terangnya akan menerima bantuan material secara bervariatif sesuai dengan tingkat kerusakan yang akan diperbaiki Yakni senilai Rp 10 juta untuk kerusakan sedang dan Rp 15 juta untuk kategori kerusakan yang dinilai berat.

Pejabat pembuat komitmen Provinsi Sumsel, Tazril Rusdi ST menyebutkan untuk tahun 2017 ini Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendapatkan alokasi dana bantuan untuk 3000 unit rumah dari kementrian pusat yang tersesar di 9 kabupaten/kota.Sementara itu Bupati OKU Selatan Popo Ali M BCommerce berharap program yang digulirkan pemerintah pusat tersebut dapat bermanfaat dan menjadi motivasi sehingga dapat terealisasi dengan baik.”Kita sangat bersyukur dari 17 Kabupaten/kota yang ada di Sumbagsel, OKUS termasuk satu diantara 9 yang mendapatkan bantuan program BSPS ini. Ini berkat respon kita yang selalu memberikan usulan kepada pemerintah pusat,” ujarnya. (res)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses