4 Parpol Laporkan Pengerusakan APK

4 Parpol Laporkan Pengerusakan APK
Posted by:

* Panwas Diminta Tegas

LAHAT –
Akibat pengerusakan alat peraga kampanye (APK), setidaknya tercatat 10 titik milik calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup), nomor urut satu, H Nopran Marjani SPd-Herliansyah SH MH, berbuntut panjang, pasalnya 4 partai politik (Parpol) pengusung, Gerindra, PDIP, PKS dan PPP melaporkan peristiwa tersebut kepada Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu), Sabtu (14/4/18), sekitar pukul 13.30 wib, dan diterima langsung ketua didampingi dua komisioner.
Ketua Tim Pemenangan, Dedi Candera mengatakan, pihaknya meminta ketegasan atas tindakan pelanggaran pilkada, disebabkan, pengerusakan atas alat peraga kampanye (APK) disimpang gudang kopi maupun titik lainnya, oleh oknum tidak bertanggung jawab.
“Jangan sampai ada gesekan maupun adu domba, sehingga membuat pilkada selama ini kondusif menjadi tidak nyaman,” urainya.
Senada, Apriyudi Hardian mengatakan, sebagai parpol pengusung dari medsos banyak hal-hal komentar hoax yang diadukan dengan kandidat lain.
“Harapan lebih kondusif, ada proses untuk memancing melakukan pergerakan negatif. Idealnya panwaslu betul-betul bekerja termasuk juga keterlibatan ASN berpolitik praktis,” katanya.
Ketua Panwaslu Lahat, Sepsata Andrian SE didampingi Andra Juarsyah SPd MPd dan Andi Jonipansyah menyampaikan, peristiwa di gudang kopi sudah ditunggu-tunggu atas pengerusakan baleho, maupun di Sukamerindu dan sekitarnya dilakukan penyelidikan dan klarifikasi yang merusak orang gila atau pura-pura gila.
“Terus diselidiki limpahkan ke Gakkumdu masuk ke pidana umum, dapat pelakunya akan diproses dan tidak diam. Paslon lain untuk bertindak santun, himbauan dan berdemokrasi baik dan dewasa, Kerja sama Tim paslon, KPU, Panwaslu dan kepolisian untuk menjaga APK semua laporan sudah ditindak lanjuti, koordinnasi dengan kapolres ini masalah serius ada apa, ada yang mengadu domba atau buat tidak kondusif, bekerja sama dengan intel,” pungkasnya.
Sebelumnya diketahui sejumlah APK milik H.Nopran Marjani dan Herliansyah dirusak oleh Orang Tak Dikenal, padahal baru dipasang beberapa jam oleh tim pemenangan Nopran Herli. Jhoni bagian pemasangan atribut APK Nopran-Herli mengatakan, dirinya (10/4) malam memasang Baliho berukuran 4X6 disimpang Gudang Kopi Kelurahan Talang Jawa Utara, tetapi esok harinya bahan yang terbuat dari sejenis plastik putih bergambar pasangan ini hancur tertumpuk dibawah tiang besi ini. padahal pihaknya telah mengantongi ijin pemasangan.
Sementara itu, H. Nopran Marjani menanggapi kejadian ini dengan senyuman. “Rata-rata yang dirusak potonya, itu artinya mereka sudah tidak sabar untuk mencoblos dan memilih kami pasangan nomor urut 1, kemenangan sudah terlihat disini dan anggaplah ini antusias masyarakat untuk memilih kami menjadi pemimpin di Kabupaten Lahat.”ujarnya. (rif)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses