453 Koli Soal UN SMP Ditempatkan di SMKN 2

453 Koli Soal UN SMP Ditempatkan di SMKN 2
Naskah Soal UN SMP dan MTs kota Palembang Tiba di SMKN 2 Palembang. Foto rangga. Palembang pos
Posted by:

PALEMBANG – Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyerahkan 453 koli soal Ujian Nasional (UN) SMP/MTs kota Palembang ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) kota Palembang. Pasalnya setelah penyerahan ini Disdikpora akan menempatkan soal tersebut di ruangan khusus SMKN 2 Palembang. Mengingat pagelaran UN SMP dan MTs sendiri tinggal beberapa hari lagi tepatnya, Senin (9/5) nanti.
Usai ditemui disela-sela penyerahan di SMKN 2 Palembang, Kadisdikpora Ahmad Zulinto mengatakan dalam hal ini Disdikpora mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel. Soalnya penyerahan ini lebih cepat dari diperkirakan, melihat dari tahun lalu pendistribusian dilakukan sebelum hari dimulainya pagelaran UN, namun saat ini penyerahan dilakukan 6 hari sebelum pagelaran. “Untuk penempatan soal UN Disdikpora menempatkan soal tersebut di SMKN 2 Palembang. Oleh sebab itu pihaknya akan memperketat penjagaan dan pengawasan jangan sampai soal UN SMP dan MTs bocor,” katanya.
Mengenai soal Disdikpora kota Palembang menerima 453 Koli dari total peserta SMP ada 25.563 dan MTs ada 2.032. Dimana sesuai jadwal proses penyaluran paket akan dilakukan pada Sabtu mendatang. “Belum kita distribusikan, soal akan disimpan disini dengan pengawasan yang ketat dari pihak pengawas dan kepolisian. Nanti, sebelum pelaksanaan baru kita salurkan kepada 25 sub rayon masing-masing kecamatan,” bebernya.
Kabid SMP/SMA/SMK Lukman Haris mengatakan pihaknya pun belum bisa memastikan apakah ada paket soal yang kurang ataupun cacat, pasalnya koli soal yang datang masih tersegel dan belum dibuka. Diakuinya, apabila ada kerusakan ataupun kekurangan, maka akan segera cepat ditangani oleh pihaknya. “Pelaksanan UN merupakan sarana pemetaan, dan tidak lagi sebagai faktor kelulusan, maka dari itu kita minta sekolah untuk menekankan pada nilai integritas kejujuran saat pelaksanaan ujian,” katanya.
Untuk tahun ini di Palembang ada sebanyak 8 SMP yang menggelar pelaksanaan UNBK. Dimana untuk sekolah penyelenggara meliputi, SMP 1, SMP 4, SMP 8, SMP 9, SMP 17 , SMP 54, Kumbang dan IGM. Di Sumsel saja ada 9 sekolah yang melaksanakan UNBK, 8 diantaranya sekolah di Palembang. “Berharap tahun 2016 ini integritas kejujuran kota Palembang tinggi, percuma dapat nilai tertinggi tapi tidak jujur, lebih baik dapat nilai kecil tapi integritas kejujuran paling tinggi,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses