5 Makanan Khas Makassar yang Mesti Anda Coba Langsung Ditempatnya

5  Makanan Khas Makassar yang Mesti Anda Coba Langsung Ditempatnya
Posted by:

SALAH satu yang diincar ketika liburan sedang berlangsung adalah mencicipi langsung beragam kuliner khas daerah tersebut. Ya, mencicipi langsung makanan khas sebuah daerah memang memberikan kepuasan tersendiri. Selain lidah Anda akan dimanjakan dengan beragam lezatnya sajian menu, Anda pun akan bisa menikmati rasa autentik khas daerah tersebut. Hal ini yang sulit didapat jika membeli makanan khas sebuah daerah yang dijual di luar kawasan tersebut.

Sebagai negara yang terdiri atas banyak suku, Indonesia jelas memiliki kekayaan kuliner yang tidak terbantahkan. Salah satu kawasan yang kulinernya kerap disanjung-sanjung adalah Makassar. Ibu kota dari Sulawesi Selatan memang sudah terkenal karena beberapa makanan khasnya, seperti sop konro, coto makassar, dan es palu butung. Namun, jika Anda membeli tiket online dan langsung bergerak menuju kota ini, rasa-rasa makanan khas yang Anda rasakan pasti lebih lezat dibandingkan jika Anda mencobanya di kawasan lain.

Tidak percaya? Daripada semakin penasaran, buru-buru yuk hampiri situs yang menjual tiket online, seperti Traveloka, yang menawarkan harga jujur untuk tiap tiketnya. Jangan tanggung-tanggung, ajak keluarga dan sahabat sekalian supaya semuanya dapat merasakan menu khas Makassar yang begitu autentik dan sulit dilupakan oleh lidah Anda.

1. Pisang Epe di Pantai Losari
0-Untitled-1

Tidak afdal namanya jika berkunjung ke Makassar tanpa mencicipi pisang epe. Penganan ringan yang satu ini seakan menjadi identitas masyarakat dan harus dicobai oleh semua wisatawan yang singgah di kota pelabuhan ini. Diolah dengan dipipihkan kemudian dibakar menggunakan arang, pisang yang topping-nya sudah beraneka raga mini sangat mudah didapatkan di Makassar. Salah satu tempat menjamurnya para penjual pisang epe ada di Pantai Losari. Bayangkan, betapa nikmatnya jika saat sore Anda menyaksikan suasana matahari tenggelam ditemani pisang epe yang hangat dan lezat. Tiada dua pastinya!

2. Sop Konro Karebosi

0-Untitled-2

Meskipun cabangnya sudah mudah dijumpai di berbagai kota besar di Indonesia, nyatanya masih saja banyak wisatawan yang langsung memburu restoran milik Haji Hanafi ini saat singgah di Makassar. Rasa sup rempah yang lezat dengan isi daging pilihan yang empuk membuat tiap orang yang menyantapnya selalu ketagihan. Sesuai namanya, Anda bisa menemukan restoran legendaries ini di sekitar Lapangan Karebosi yang berada dekat alun-alun Makasaar. Tunggu apalagi, buruan pesan tiket online yang sesuai dengan waktu luangmu guna bisa secepatnya menyeruput sop konro yang sangat enak ini. Jika sudah sampai di restoran kenamaan ini, jangan lupa juga memesan iga bakar yang rasanya pun tidak kalah “nendang”!

3. Coto Makassar Haji Makmur

0-Untitled-3

Ini dia kuliner khas Makassar yang selalu terngiang di otak setiap orang, apalagi kalau bukan coto makassar. Menemukan makanan yang satu ini di Makassar pun sangat mudah sebab ada lebih dari 100 rumah makan yang menjual menu ini. Namun, kalau Anda ingin merasakan santapan coto makassar dengan rasa yang paling lezat, restoran Haji Makmur yang ada di Jalan Nusantara adalah jawabannya. Menggunakan daging lokal dengan campuran bumbu rempah pilihan yang diolah sendiri, coto Makassar yang ada di Jalan Nusantara Nomor 32 ini terasa sangat segar dan gurih. Harganya pun ramah di kantong. Hanya saja, jangan mencoba-coba datang ke restoran ini pada malam hari sebab Coto Makassar Haji Makmur selalu tutup pukul 18.00 WITA.

4. Mi Titi di Jalan Perintis Kemerdakaan

0-Untitled-4

Posisi Makassar sebagai kota pelabuhan sejak masa silam membuat kawasan yang satu ini memiliki akulturasi budaya yang begitu beragam. Salah satunya bisa Anda jumpai dalam kuliner khasnya. Sepintas menyerupai I Fu Mie, Mi Titi memang merupakan makanan peranakan dari kebudayaan Tionghoa. Apabila Anda memesan tiket online dan segera menuju Makassar, langsunglah menuju Jalan Perintis Kemerdekaan. Di sana terdapat sebuah rumah makan cukup besar bernama Mie Titi. Otomatis, menu utamanya adalah mi titi yang merupakan mi kering dengan siraman kuah kental yang isinya dipenuhi sayur, daging, seafood, sampai jagung. Rasanya? Tidak perlu diragukan! Satu hal yang tidak terlupa, tambahi mi yang akan santap dengan perasan jeruk nipis agar terasa lebih segar.

5. Pallubasa Serigala

0-Untitled-5

Kebanyakan orang yang tidak paham beranggapan pallubasa tidak ubahnya seperti coto makassar. Padahal, jelas-jelas kedua santapan ini berbeda. Khusus untuk pallubasa, Anda akan merasa sensasi menggelitik dari kuah rempah pilihan yang ditaburi dengan kelapa yang dibuat menjadi serundeng. Isinya pun tidak hanya daging sapi, melainkan juga dicampur dengan jeroan-jeroan binatang tersebut. Tempat makan di Makassar yang menyediakan pallubasa cukup banyak, namun Anda harus mencoba Pallubasa Serigala. Di rumah makan yang satu ini, ada bebas memilih hendak menyantap bagian daging sapi yang mana, bisa hanya bagian has, jeroan saja, bahkan lidah. Hanya saja, Anda mesti sabar menunggu jika ke restoran yang satu ini sebab antreannya selalu panjang.
Membayangkan makanan-makanan khas Makassar yang lezar pasti membuat air liur menjadi menetes. Daripada sampai terbawa mimpi, alangkah lebih baik Anda segera mencari tiket online sesegera mungkin untuk segera berangkat ke kota yang cantik ini. (inforial)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses