600 Perusahaan Bakal Disanksi

600 Perusahaan Bakal Disanksi
Posted by:

SUDIRMAN – Hingga saat ini, di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Palembang masih ada 600 perusahaan yang belum mengikutsertakan karyawannya dalam BPJS Ketenagakerjaan. Pada 1 Juli 2015 mendatang, perusahaan yang tidak terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan akan di berikan sanksi berupa denda Rp 1 miliar atau kurangan 6 bulan.
Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Palembang, Budiono mengatakan, saat ini ada 2.760 perusahaan yang tergabung dalam BPJS Ketenagakerjaan. Perusahaan yang tergabung rata-rata adalah perusahaan yang karyawannya diatas 50 orang. Pasalnya, mereka sudah tahu betul manfaat BPJS.
”Melalui BPJS Ketegakerjaan ini, perusahaan melimpahkan resiko yang terjadi pada karyawannya kepada kita. Tapi tingkat kesadaran perusahaan yang karyawannya dibawah 50 orang masih rendah, karena belum tahu banyak menfaatnya,” ujarnya.
Dia menambahkan, Kantor BPJS Palembang membawahi 5 kabupaten/kota yakni Ogan Ilir, OKI, Muba, Banyuasin dan Palembang. Untuk perusahaan yang belum terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan paling banyak terdapat di Palembang.
Sementara itu, Kepala Bidang pemsaran Formal, M Imam Saputra menambahkan, saat ini sebanyak 600 perusahaan yang belum terdaftar di BPJS. Pihaknya sudah melayangkan surat bahwa pada 1 Juli 2015 seluruh perusahaan wajib ikut serta dalam BPJS Ketenagakerjaan.
“Bagi yang tidak mengikutsertakan karyawannya dalam BPJS Ketenagakerjaan maka akan dikenakan sanksi denda Rp 1 miliar atau kurungan 6 bulan,” paparnya.
Sebelum memberikan sanksi, sambung dia, pihaknya terlebih dahulu memberikan surat teguran tertulis hingga 3 kali. Jika masih membandel maka maka kita akan melimpahkan persoalan tersebut kepada penegak hukum. ”Dalam hal ini kita melakukan pengawasan,” tandasnya. (ati)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses