72.260 Personel Amankan Pileg-Pilpres


72.260 Personel Amankan Pileg-Pilpres
Posted by:

DLD, Palembang Pos.-
Sebanyak 72.260 personel gabungan Polri, TNI dan Linmas disiagakan untuk pengamanan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun ini. Rincian personel  terdiri dari Polri sebanyak 13 ribu orang, TNI  260 orang dan Linmas sebanyak 59 ribu orang.
Hal tersebut diungkapkan Kepala Kepolisian Daerah  (Kapolda) Provinsi Sumsel, Irjen Pol Saud Usman Nasution usai memimpin apel konsolidasi gelar pasukan operasi mantap brata 2014 di Halaman Griya Agung, kemarin.
Irjen Pol Saud Usman Nasution mengatakan, apel gelar pasukan operasi mantap brata yang ini merupakan bentuk kesiapan personil dalam menjaga keamanan dan kelancaran pesta demokrasi Pileg dan Pilpres. Oleh sebab itu, apel ini tidak hanya dilakukan di Provinsi Sumsel tapi juga dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia.
“Untuk pengamanan Pilpres dan Pileg nanti, total personil yang disiagakan sebanyak 72.260 orang. Dengan rincian Polri 13 ribu orang, TNI  260 orang dan Linmas 59 ribu orang,” ujarnya.
Lebih lanjut dia menjelaskan, personel tersebut akan ditempatkan di 17 ribu Tempat Pemilihan Suara (TPS). Sedangkan personil Polri akan ditempatkan 1 orang per TPS, dan Linmas sebanyak 2 orang per TPS.
“Untuk TNI sendiri akan ditempatkan per wilayah. Jika masih kurang kita juga akan meminta kembali 2 kompi TNI dan juga menstandbykan satu kompi Brimob untuk pengamanan pelaksanaan Pilpres dan Pileg,” terangnya.
Mengenai anggaran yang disiapkan untuk 72.260 personil tersebut, dia mengungkapkan,  diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta juga Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). “Untuk personel polri dana yang dianggarkan sebesar 29 miliar dari dana APBN. Untuk yang lainnya saya kurang tahu,” bebernya.
Kepala Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja (Pol PP) Provinsi Sumsel, Riki Djunaidi menambahkan, jumlah Linmas yang diturunkan  sekitar 59 ribu orang. Namun hanya 24 ribu Linmas yang didanai oleh Pemprov. “Sisanya sebanyak 35 ribu orang dari pusat,” ucapnya.
Lebih lanjut dia menerangkan, untuk 24 ribu personel Linmas tersebut, pihaknya telah menganggarkan dana sebesar Rp17 miliar dari APBD Provinsi Sumsel.
“Anggota linmas ini diturunkan ke seluruh kabupaten/kota di Sumsel. Rincian 2 orang di per TPS,,  6 orang perdesa, 24 orang perkecamatan dan 84 orang perkabupaten/kota,” katanya.
Sementara itu, Gubernur Sumsel,  H Alex Noerdin mengungkapkan,  pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi kepada pihak keamanan terkait persiapan pengamanan untuk Pilpres dan Pileg. “Saya berharap pesta demokrasi baik Pilpres dan Pileg ini berjalan dengan lancar. Kendati demikian, kita juga harus bersiap menghadapi hal terburuk,” pungkasnya. (ati)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses