880 Peserta Se-Sumsel Bersaing di KSM dan Aksioma

880 Peserta Se-Sumsel Bersaing di KSM dan Aksioma
Posted by:

PALEMBANG – Setelah di resmikan oleh Gubernur Sumsel yang diwakili Wakil Gubernur Sumsel, sebanyak 880 peserta dari MI, MTs dan MA bersaing, di Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) buat mewakili tingkat Nasional nantinya. Pasalnya Kakanwil (Kepala Kantor Wilayah) Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel optimis bisa masuk lima besar dalam Aksioma dan KSM.

Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki mengatakan, Aksioma dan KSM merupakan salah satu Kegiatan yang bernilai positif sebagai bentuk kelahiran bagi pelajar gmagar memiliki talenta yang bisa mengharumkan nama baik daerah. “Kalau event seperti ini dimaksimalkan maka akan muncul bibit-bibit yang memiliki talenta dan kemampuan yang sangat baik. Dari kompetensi tersebutlah bisa melahirkan generasi yang bisa mengharumkan nama Sumsel, Indoensia hingga ke tingkat internasional,” katanya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sumsel, Alfajri Zabidi mengatakan pihaknya menargetkan pergelaran Aksioma dan KSM 2017 yang akan berlangsung pada Agustus mendatang, lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. “Tahun sebelumnya kita hanya masuk 20 besar saja, tapi di tahun ini kita targetkan bisa masuk lima besar,” katanya.

Pihaknya sudah menjaring bibit peserta dari Aksioma dan KSM tingkat kota hingga provinsi, sehingga Sumsel bisa mendapatkan atlet terbaik yang akan dikirim untuk berjuang di tingkat Nasional. Dari 880 peserta dari semua perwakilan MI, MTs dan MA. “Cabang lomba yang diperebutkan ada 25 jenis, setiap tingkatan memiliki jenis lomba yang berbeda. Dari total 880 peserta tersebut akan diambil satu orang terbaik dari setiap cabor untuk melaju ke tingkat Nasional,” ungkapnya.

Sumsel sendiri ada dua cabor andalan yakni pencak silat dan Tahfidz Al-Quran. Kedua Kabir ini selalu menyumbang piala terbanyak dalam setiap.pergelaran Aksioma dan KSM ditingkat nasional. “Kita memaksimalkan cabor yang biasa mendapatkan medali, namun tetap melakukan pembinaan pada cabor lainnya,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses