9.305 Kotak Jamu Kuat Illegal Disita

9.305 Kotak Jamu Kuat Illegal Disita
Foto Denni/Palembang Pos Kombes Pol Irawan David Syah gelar ungkap ribuan jamu illegal
Posted by:

PALEMBANG – Sebanyak 9.305 kotak jamu illegal (Tidak Mengantongi Izin) berhasil disita pihak Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel setelah mengerebek gudang penyimpanannya di rumah sewaan di Jalan Ki Marogan, Kertapati, Palembang.

Selain menyita ribuan kotak jamu illegal tersebut pihak Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel juga mengamankan Empat orang pelaku terkait jamu illegal tesebut yaitu Ujang Mashudi (40), Teguh Wibowo (26), Suyono (44), ketiganya warga Jateng, dan Wahyu (20) warga Palembang.

Dari ribuan kotak jamu illegal yang disita tersebut didominasi atau mayoritas oleh jenis jamu kuat prian seperti Dragon Ven, Gali Black Gali, Kuda Liar, Gemuk Sehat Pas, Godam Salam, Kapsagi, Buah Merah, Tokek Gatal, dan Mahkota Dewa.

Kombes Pol Irawan David Syah didampingi Kasubdit IV Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) AKBP Tulus Sinaga SIk menegaskan telah mengungkap ribuan kotak jamu illegal. “Dari total jamu ilegal yang disita ada 9.305 kotak atau dengan muatan satu truk. Dengan setiap kotak berisi 20-30 sachet dan ada juga berbentuk rentengan yang berisi ratusan kemasan. Mayoritas berjenis obat kuat pria. Barang tersebut didapatkan dari rumah produksi di daerah Jawa Tengah,” terang Irawan.

Diteruskan Irwan, saat ini pihaknya terus berkoordinasikan dengan Polres di Jateng untuk mengungkap produsennya, sebab obat ini buatan lokal Indonesia yang ada di kisaran Pantai Selatan, Jawa Tengah. Untuk para pelaku sendiri sudah sebanyak 4 kali mengedarkan dalam jumlah besar di wilayah Sumsel. “Hasil uji laboratorium, semua barang bukti mengandung zat-zat berbahaya bagi kesehatan. Atas perbuatannya, para tersangka dikenakan Pasal 197 Undang-undang Kesehatan Nomor 36/2009 dengan ancaman lima belas tahun penjara,” jelasnya. (adi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses