9 Titik Adipura Belum Maksimal

9 Titik Adipura Belum Maksimal
Posted by:

Merdeka, Palembang Pos.-
Impian kota Palembang tahun ini untuk meraih piala Adipura terancam gagal. Pasalnya, dari 19 titik pantau ada 9 lokasi masuk kategori belum memenuhi standar penilaian. Demikian diungkapkan Ir r Sudirman MM, Asisten Deputi Pengelolaan Sampah Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia (RI) Selasa (4/2).
Sembilan kategori yang tidak capai standar dengan poin 73 keatas diantaranya, pertokoan 64,48 persen, pasar 70,65 persen, jalan arteri atau protocol 72,80, pemukiman 72,27 dan teminal bus atau angkot 72 persen
Menurut Sudirman, sebetulnya Palembang sudah memiliki potensi untuk memenangkan adipura kencana. “Tapi harus lebih ditingkatkan seperti penataan taman. Ya, kota harus lebih cantik Jangan menganggap sepele untuk penilaian Adipura Kencana. Palembang harus dapat kencana tahun ini, karena kalau adipura saja kan sudah biasa,” tegas dia.
Sudirman mengungkapkan, gagalnya Palembang mendapatkan piala adipura kencana pada tahun 2013 lalu disebabkan karena Palembang kurang kader lingkungan. Padahal, itu salah satu poin penilaian dalam mendapatkan piala adipura kencana.  “Untuk tahun ini pengumuman Adipura Kencana Juni mendatang, makanya terus dikejar ketertinggalan ini,” pintanya.
Sementara untuk hasil pemantauan pertama (P1) sambungnya, Desember lalu masih ada beberapa beberapa kota yang nilainya nihil. Untuk Palembang secara keseluruhan great nya mencapai 73,26 persen.
Dijelaskannya, untuk meraih piala Adipura Kencana standarnya minimal harus mendapat predikat baik. Beberapa titik lokasi yang belum mencapai standar yang diinginkan, seperti pasar, stasiun dan perumahan dan lainnya.  “Yakin Palembang bisa, kalau sebelumnya gagal meraih piala Adipura, diharapkan dapat dikejar tahun ini,” harapnya.
Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH), Tabrani mengatakan, akan memperbaiki semua penataan serta meningkatkan kembali kebersihan dan mengejar nilai lebih baik lagi. Diakuinya, untuk standar penilaian masih kurang atau tidak tercapai, namun dirinya yakin berbagai pihak akan memperbaiki semua ketertinggalan tersebut.
“Nanti kita mengajak seluruh stakeholder untuk meraih Adipura Kencana, semua titik yang nantinya menjadi titik pantau akan kita tingkatkan lagi kebersihannya,” tukasnya. (ika)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses