900 Ibu-ibu Menari Kebagh

900 Ibu-ibu Menari Kebagh
Posted by:

PAGARALAM – ‎Tari bidadari atau lebih dikenal dengan sebutan Tari Kebagh, biasanya dibawakan putri atau gadisan Pagaralam. Namun, kali ini berbeda. Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-89 dan HUT Darma Wanita Persatuan ke-18, Tari Kebagh khusus dibawakan 900 ibu-ibu.

Tari Kebagh merupakan tari sakral dan sedikit berbau ‘mistis’. ‎Tari Kebagh berdasarkan cerita dahulu merupakan tarian bidadari yang turun dari langit dan mandi di pemandian putri di puncak gunung Dempo. Sebelum mandi, bidadari menari menggunakan selendang dengan mengembangkan selendang seperti akan terbang.

Di zaman penjajahan Belanda, Tari Kebagh dimainkan saat ada perayaan, dan sekarang Tari Kebagh tampil untuk menyambut tamu-tamu istimewa. Penari membawa sirih, pinang, kapugh atau kerap disebut sekapur sirih, yang dihaturkan kepada tamu istimewa, seperti Gubernur, Walikota dan lainnya.

Ketua Darma Wanita Persatuan Pagaralam, Olivia Safrudin mengatakan, tari kebagh massal dilaksanakan dalam rangka memperingatan Hari Ibu ke-89 dan HUT Darma Wanita Persatuan Kota Pagaralam ke-18. Para penari ini adalah ibu-ibu yang telah meluangkan waktu selama tiga bulan latihan, sehingga dapat menyukseskan acara ini.

“Kami ucapkan terimakasih kepada para suami yang telah mengizinkan untuk latihan. Apalagi selama tiga bulan tidak dapat dilayani dengan baik karena sibuk latihan,” ungkap Olivia, saat sambutan pelaksanaan Tari Kebagh, di Landing 2001, Kamis (28/12).

Sementara itu Walikota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati Basjuni mengatakan, ibu berperan sebagai istri, berperan sebagai ibu bagi anak-anak, berperan sebagai masyarakat. Ibu-ibu menangkap peluang, sehingga menjadikan momen ini sebagai daya tarik pariwisata.

“Ibu-ibu yang tampil mengenakan pakaian adat Besemah. Untuk itu harus dilestarikan seperti penggunaan songket dan lainnya. Kita minta ‎ada patung laki-laki dan perempuan menggunakan pakaian adat Besemah yang dipajang di pintu masuk Kantor Walikota,” imbau Wako Ida. (cw08)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses