A Yani – Juarsah Pimpin Muara Enim

A Yani – Juarsah Pimpin Muara Enim
Posted by:

MUARA ENIM – Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD)  Kabupaten Muara Enim resmi menetapkan Ir H Ahmad Yani dan H Juarsah terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim periode 2018-2023.P

Penetapan itu berlangsung pada  rapat pleno terbuka itu dipimpin Ketua KPUD Muara Enim, Rohani SH bersama 4 komisioner lainnya,  berlangsung di  Ballroom Hotel Grand Zuri Muara Enim, Rabu (25/7).

Pada Pilkada lalu, Ir H  Ahmad Yani dan H Juarsah merupakan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati peserta Pilkada Muara Enim, dengan  nomor 4 urut,   yang diusung partai Demokrat, PKB dan Hanura. Pada rapat pleno  rekapitulasi suara yang dilaksanakan KPUD Muara Enim sebelumnya, pasangan ini meraih sebanyak  96.571 suara sah pada pelaksanaan Pilkada Serentak tersebut.R

Rapat pleno terbuka itu dihadiri langsung bupati terpilih Ir H Ahmad Yani dan Juarsah beserta istri dan ratusan pendukung juga turut hadir.

Penetapan Ahmad Yani dan Juarsah sebagai pemenang Pilkada Muara Enim diawali dengan pembacaan berita acara yang dibacakan Ketua KPUD Muara Enim, Rohani. “Menetapkan pasangan nomor 4 atas nama Ahmad Yani dan Juarsah yang diusung partai Demokrat, PKB dan Hanura sebagai Pemenang Pilkada Serentak Muara Enim dengan meraih sebanyak 96571 total suara sah,” kata Rohani.

Rohani menjelaskan, penetapan tersebut sesuai dengan agenda KPU RI yang memerintahkan KPUD yang menyelenggarakan Pilkada serentak supaya menetapkan paslon terpilih sehari setelah menerima surat dari Mahkamah Konstituai.

 “Agenda ini diselenggarakan sesuai dengan tahapan berdasarkan undang-undang yang berlaku diatur dalam undang-undang KPU nomer 9 tahun 2018 tentang rekap dan penetapan pasangan calon pasal 52 ayat 5 menyatakan KPUD menetapkan paslon setelah menerima surat dari MK setelah satu hari,”jelasnya

 Dengan telah ditetapkannya Ahmad Yani dan Juarsah sebagai Bupati dan Wakil terpilih, maka tuntaslah tugas KPUD Muara Enim dalam melaksanakan tahapan Pilkada. Meski demikian, Rohani mengungkapkan KPUD Muara Enim belum mampu meningkatkan jumlah partisipasi pemilih.

“Pada pelaksanaan Pilkada tahun ini, KPUD Muara Enim meraih 70,2 persen jumlah partisipasi, tapi angka ini masih diatas standar rata-rata provinsi Sumsel sebesar 69 persen,” jelasnya.

Di akhir sesi  rapat terbuka,  KPUD Muara Enim mengizinkan Bupati dan Wakil Bupati  Muara Enim terpilih Ahmad Yani dan Juarsah menyampaikan kata sambutan. Dalam kesempatan itu, Ahmad Yani menyampaikan rasa syukur terhadap hasil Pilkada Muara Enim yang dinilai berjalan lancar, aman dan demokratis.

“Kemenangan ini kami persembahkan kepada masyarakat Muara Enim, kami juga sampaikan terimah kasih kepada pendukung yang telah bergotong royong 1,5 tahun  sampai hari ini,” kata Yani.

Yani menyebut pelaksanaan Pilkada bukan cuma soal kandidat melainkan soal kehidupan dan harkat orang banyak. Pilkada, lanjutnya jadi momen warga untuk koreksi pembangunan dan perubahan untuk menuju kehidupan yang lebih baik.”

Sehingga usai penetapan ini bukan akhir konteatasi, namun awal perjuangan kami melunasi janji dan memenuhi harapan, hasil ini milik rakyat,”paparnya. Di akhir sambutannnya, Yani juga mengucapkan salam hormat dan terimah kasih kepada paslon lain yang telah bersama-sama mewujudkan Pilkada Muara Enim berlangsung demokratis.

“Terimah kasih kepada paslon lain, dan senior-senior kami, mari kita satu tekad dan optimis membangun daerah lebih baik kedepan,” ajaknya. (luk)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses