Agya Naik Pangkat, Avanza Tersingkirkan

Agya Naik Pangkat, Avanza Tersingkirkan
Meskipun Toyota telah meluncurkan Kijang Innova pada November lalu, namun penjualan nomor satu tetap dimiliki Agya. Foto : Koer/Palembang Pos
Posted by:

PALEMBANG – Beberapa tahun belakangan sejak Toyota menciptakan mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) Avanza, banyak masyarakat yang jatuh cinta terhadap mobil tersebut. Tak heran jika Avanza dinobatkan mobil sejuta umat, namun kini keberadaan mobil sejuta umat itu sudah mulai tersingkirkan sejak adanya Agya.
Diungkapkan Operator Manager Auto 2000 Sumatera, Judianto, didampingi Kepala Cabang Auto 2000 TAA, Herry Deswanto, dari data penjualan yang dimiliki Toyota jika Agya saat ini tengah menguasai pasar dengan angka 25,5 persen.
“25,5 persen itu kenaikan dari tahun lalu (2015, red), dengan angka penjualan dari 320 unit per bulan menjadi 364 unit per bulan. Dalam artian, setiap bulannya alami kenaikan 13 persen. Untuk Avanza saat ini hanya menyumbang kisaran 2 persen saja dari seluruh total penjualan,” jelasnya.
Dia menuturkan, pihaknya masih berharap penuh pada penjualan Agya yang mampu mencapai target. Optimisnya penjualan ini juga didorong dengan minat masyarakat yang masih menginginkan kendaraan jenis city car pada Toyota Agya. Sementara itu, disinggung mengenai keberadaan Kijang Innova yang di launching pada November lalu, dia menegaskan masih tetap Agya yang menduduki kursi tertinggi penjualan.
“Kijang Innova sama dengan penjualan Avanza. Ya, memang untuk berkembang penjualan otomotif saat ini masih sulit, jika harga komoditi karet dan sawit masih seperti ini. Kita ketahui di Sumsel kedua hasil produksi karet dan sawit menjadi keunggulan pertumbuhan perekonomian,” paparnya.
Lebih lanjut dia mengakui untuk market share di Sumsel pada 2015 lalu mencapai 2.237 unit perbulan. Dan di 2016 ini mencapai 2.089 unit perbulan. “Angka ini memang turun 6 persen lebih, namun nanti kita akan melahirkan kembali mobil baru. Tunggu saja tanggal mainnya di Palembang,” tandasnya.(nik)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses