Ajak Para Guru Pahami SPMI

Ajak Para Guru Pahami SPMI
Posted by:

EMPAT LAWANG – Kepala SMAN Unggul 1 Tebing Tinggi, Ajrianto menegaskan sebagai sekolah yang telah ditunjuk sebagai sekolah rujukan, SMA yang dipimpinnya tentu dianggap telah memenuhi tandar Nasional Pendidikan, dari mulai mengembangkan ekosistem sekolah yang kondusif sebagai tempat belajar, mengembangkan praktik baik dalam peningkatan mutu berkelanjutan, berprestasi di bidang akademik dan akademik serta melaksanakan program yang dianggap layak menjadi sebuah sekolah rujukan bagi sekolah lain sebagai sekolah imbas.
“Sebagai sekolah rujukan, SMAN Unggul 1 Tebing Tinggi berkewajiban mengimbaskan praktik-praktik baik kepada sekolah-sekolah imbas. Salah satunya, melalui kegiatan IHT ini. Pada pertemuan kali ini materi yang dibahas adalah SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal, red) dengan menghadirkan narasumber dari Provinsi,” jelasnya, ditemui di sela-sela IHT SPMI, Rabu (5/9/18).
Ia mengajak agar para guru memahami SPMI dan dapat menganalisis implementasinya di sekolahnya. Sistem penjaminan mutu internal dan eksternal (Evaluasi Diri Sekolah) harus dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, evalusi, dan perbaikan serta perencanaan baru.
“Sekolah dikatakan menjaga budaya mutu dapat dilihat dari pencapaian delapan standar nasional pendidikan yang dapat dilihat melalui raport mutu setiap tahun yang diisi secara integritas dan penuh kejujuran,” paparnya.
Sementara itu salah seorang Narasumber, Komar, mengatakan SPMI harus berjalan sesuai siklus, yakni pemetaan mutu, penyusunan rencana pemenuhan, pelaksanaan rencana pemenuhan, monitoring dan evaluasi, dan penetapan standar mutu.
“Agar pemenuhan tercapai, sekolah harus menyusun rencana pemenuhan mutu delapan standar pendidikan untuk mencapai sasaran dan tujuan peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan. Oleh karena itu, sekolah perlu membentuk TPMPS (Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah, red) untuk melaksanakannya,” urainya di hadapan para guru dan perwakilan sekolah imbas. (CW08)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses