Ajukan Penambahan 1.000 Relawan

Ajukan Penambahan 1.000 Relawan
Posted by:

DL Daun, Palembang Pos.-
Jumlah relawan Tagana di Sumsel saat ini mencapai 759 orang. Kendati demikian, Dinas Sosial Provinsi Sumsel telah mengajukan penambahan 1.000 rewalan Tagana kepada Kementrian Sosial agar bisa lebih maksimal dalam menangani bencana yang terjadi di Sumsel.
Kepala Dinsos Sumsel, Apriyadi mengatakan, jumlah relawan Tagana yang ada di Sumsel saat ini sebenarnya sudah ideal. Namun dibutuhkan lebih banyak lagi relawan agar penanganan korban bencana bisa lebih cepat.”Kita sudah mengajukan penambahan relawan Tagana sebanyak 1.000 orang kepada Kemensos. Mudah-mudahan disetujui,” ujarnya di Griya Agung, kemarin.
Lebih lanjut dia mengungkapkan, pengajuan penambahan jumlah relawan Tagana tidak hanya di Sumsel tapi seluruh provinsi di Indonesia. Untuk  jumlah relawan Tagana se Indonesia mencapai 33 ribu.
“Jika pengajukan penambahan relawan Taganaini disetujui, maka kita akan merekrut dari Mapala dan Pecinta Alam. Kita merekrut mereka karena sudah mengetahui cara menanggulangi bencana dan memiliki jiwa sosial tinggi,” ungkapnya.
Mengenai honor rekawan Tagana, dia menerangkan, honor yang diberikan oleh Kemensos sebesar Rp 250 ribu, Pemprov Rp 250 ribu. Selain itu, pihaknya juga telah meminta pemda kabupaten/kota untuk ikut menganggarkan honor bagi relawan Tagana di wilayahnya masing-masing.
“Untuk honor yang diberikan kabupaten/kota besarannya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah masing-masing. Ada Pemda kabupaten/kota yang menganggarkan Rp 500 ribu, tapi ada juga yang dibawah itu,” kata Apriyadi.
Untuk daerah yang rawan bencana, lanjut dia, pihaknya sudah melakukan pemetaan. Daerah yang rawan banjir adalah Banyuasin, Muba, Muratara, Mura, Muara Enim dan sebagian Pali. Sedangkan daerah yang rawan longsor adalah Pagaralam, Empat dan Lahat. “Untuk Sumsel, di setiap kabupaten/kota siap logistic  5 ton beras buffer stok, dan cadangan beras pemerintah daerah sebanyak 100 ton,” katanya.
Ketika ditanya kesiapan Tagana Sumsel untuk bencana sinabung, dia menuturkan, pihaknya siap menyalurkan relawan Tagana Sumsel jika dibutuhkan. Jadi pihaknya tinggal menunggu intruksi dari pusat.
“Jika pusat meminta relawan kita membantu korban di Sinabung, maka akan kita berangkatkan para relawan Tagana Sumsel. Intinya kita siap membantu jika dibutuhkan,” tandasnya. (ati)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses