Akan Jalin Kerjasama Dalam Bidang Energi

Akan Jalin Kerjasama Dalam Bidang Energi
Posted by:

Sumsel-Amerika

Kampus, Palembang Pos.-
Potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang terdapat di Sumsel mendapat perhatian dari negara Amerika Serikat. Pasalnya, negera  adidaya tersebut berencana menjalin berbagai kerjasama dengan provinsi Sumsel khususnya di bidang energi.
Hal tersebut tertuang dalam Pembukaan Seminar “Doing Business with the USA” antara pengusaha Indonesia khususnya Palembang dengan Perusahaan Amerika Serikat yang berlangsung di Hotel Aryaduta yang dihadiri USA Commercial Attache, Mr Jesse M Lapierre, kemarin  (27/2).
Gubernur Sumsel, Ir H Alex Noerdin SH dalam sambutannya mengatakan,  melalui “Doing Business with the USA” tersebut dapat membuka berbagai peluang bisnis dengan Amerika dengan mengundang berbagai pengusaha asal Amerika. Hal tersebut dikarenakan Amerika memiliki banyak keunggulan, misalnya saja perusahaan yang terpercaya, memiliki aturan jelas dan kualitas yang tidak diragukan lagi.
“Selain itu, sudah banyak investasi Amerika.  Kalau di Sumsel sudah ada sturbuck dan dunkin donuts yang ternyata adalah terbesar se-Indonesia,” ujarnya. Menurutnya, pertemuan ini memiliki peluang bisnis yang besar dan timbal balik baik berupa ekspor maupun impor. Apalagi banyak juga produk-produk dari Sumsel  yang dijual ke Amerika seperti kelapa sawit, karet dan minyak.
“Sejauh ini lebih besar ekspor kita kesana ketimbang impor mereka kesini,” ucapnya. Dalam kesempatan tersebut, Alex bererita tentang Jakabaring Sport City yang awalnya akan dibangun lapangan golf direncanakan menjadi kawasan pendidikan. Pasalnya, program Sekolah Gratis yang saat ini menjadi program nasional berasal dari Sumsel sejak tahun 2002 lalu ketika dirinya menjadi Bupati Muba dan diterapkan merata seluruh Sumsel sejak 2008 lalu.
”Kita akan dijadikan Sumsel sebagai kota pendidikan. Jadi kita membuka kesempatan negara-negara luar termasuk Amerika untuk membuka cabang sekolah ataupun universitas di Sumsel. Kalau Amerika mau berpartisipasi, akan kita upayakan,” bebernya.
Sementara itu, USA Commercial Attache, Mr Jesse M Lapierre mengungkapkan, provinsi Sumsel merupakan provinsi yang memiliki banyak potensi dan kekayaan sumber daya alam melimpah mulai dari  sawit, karet, kayu, batubara, minyak, gas dan lain sebagainya.
”Saya sudah memantau beberapa tempat di Indonesia ini dan Sumsel memiliki potensi baik untuk berinvestasi di sini. Sumsel juga merupakan provinsi yang terus berkembang pesat dan diperkirakaan akan semakin maju kedepannya,” ungkapnya.
Oleh sebab itu, lanjut dia, Amerika sangat berminat menjalin kerjasama dengan Sumsel khususnya dalam bidang peningkatan jumlah energi dan bisa membantu menjembatani Indonesia dengan Amerika dibidang lainnya. Setelah Sumsel, pihaknya akan membidik Makassar, Jogja, Balikpapan dan Surabaya terkait kerjasama ini.
”Tahun lalu ada pameran di Houston Amerika khusus untuk minyak,  dimana lebih dari 30 delegasi Indonesia berperan serta di Amerika untuk mendukung industri minyak dan gas alam di Indonesia. Tahun ini saya berharap akan lebih banyak perusahaan Indonesia ke Amerika khususnya bidang minyak dan gas alam ini,” tandasnya.
Ketika disinggung rencana pihaknya berinvestasi di Tanjung Api-Api, dia menuturkan, pihaknya akan membahas lebih lanjut dan detail terkait rencana investasi nyata di kawasan tersebut.”Saya sudah mendengar soal TAA. Bahkan, rekan-rekan dari kedutaan sudah menyampaikan tentang potensi TAA. Ada seseorang dari sektor ekonomi dari kami juga akan kembali kesini untuk membahas lebih lanjut potensi TAA.  Kita pasti akan bawa pengusaha USA kesini,” pungkasnya. (ati)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses