Akhir Juli, Musi IV Tersambung

Akhir Juli, Musi IV Tersambung
Posted by:

PALEMBANG- Pengerjaan proyek Jembatan Musi IV yang menghubungkan kawasan Seberang Ilir dan Seberang Ulu, Kota Palembang hingga kini terus dikebut. Bahkan, pada akhir Juli 2018, jembatan tersebut dipastikan sudah tersambung.
Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Metro Suwarno mengatakan, progres pembangunan Jembatan Musi IV saat ini sudah mencapai 81,78 persen. Sejauh ini, kontraktor di lapangan juga tengah fokus dalam pengerjaan konstruksi yang berada di tengah Sungai Musi. “Kalau progres secara umum sekarang sudah sebesar 81,78 persen. Kita masih fokus pengerjaan konstruksi di tengah sungai,” ujar Suwarno, Senin (4/6/18).
Dijelaskan dia, pengerjaan yang dimaksud adalah pemasangan box girder atau bentang tengah. Sampai saat ini sudah dapat menyelesaikan 9 segmen dari total 18 segmen yang harus dikerjakan pihaknya. Sehingga pengerjaan tersebut tersisa sebanyak 9 segmen lagi.
“Kalau pengalaman sebelumnya itu, untuk pemasangan ini cukup memakan waktu, dimana pemasangan satu segmen itu paling tidak memerlukan waktu sekitar 6 sampai 5 hari. Itu tergantung cuaca, persiapan material semuanya mempengaruhi,” jelas dia.
Meski begitu, Suwarno optimis dalam waktu 45 hari kedepan seluruh segmen tersebut sudah tersambung. Jika pengerjaan ini selesai, pihaknya baru akan melakukan perapian masuk tahap finishing. Bagian ini juga tak memakan memakan waktu lama.
“Sudah tersambung kita lakukan finishing langsung. Untuk finishing sendiri hanya mengaspal dan marka jalan lampu, kemungkinan pengerjaannya selesai dalam waktu 7 hari dan paling lama-lamanya itu sekitar 10 hari,” ungkapnya.
Sementara itu, sebelumnya Kepala Satker Pelaksana Jalan Metropolis Yudian Budi Khrisna pernah mengatakan, pada jembatan Musi IV ini akan diterapkan sistem keamanan Structural Health Monitoring System (SHMS) atau sensor yang berfungsi untuk mendeteksi beban dan kerusakan jembatan. Alat sensor ini sendiri rencananya ditempatkan sebanyak 22 titik disetiap sudut jembatan. “Kami targetkan pembangunan jembatan Musi IV ini selesai sebelum Asian Games 2018 mendatang,” pungkasnya. (cw05)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses