Akper Lahat Diambil Kemenkes

Akper Lahat Diambil Kemenkes
Posted by:

 

 

LAHAT – Dalam waktu dekat Akademi Keperawatan (Akper) Lahat, akan diambilalih Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Sekolah tinggi yang berdiri tahun 1992, dengan status Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) setingkat SMA, kemudian dikonversi tahun 2002 menjadi Akper Lahat, selama ini dibawah Pemkab Lahat.

Direktur Akper Lahat, Eka Haryanti SPd mengatakan, dari 70 sekolah kesehatan di Indonesia, dengan status dikelola pemerintah daerah, 17 diantaranya akan dikelola Kemenkes, termasuk Akper Lahat. “Dipastikan 2019 sudah dikelola Kemenkes. Sudah dianggarkan pusat,” kata Eka, Rabu (29/8).

Saat ini, ungkap Eka, proses peralihan tinggal menunggu SK Kementerian Riset Telnologi dan Pendidikan Tinggi. Setelah diambilalih Kemenkes, Akper Lahat akan berubah menjadi Poltekes Kemenkes Palembang Prodi Keperawatan Lahat.  Seluruh sarana prasarana, pendanaan akan diambil Kemenkes. “Seluruh pegawai yang berstatus ASN juga diambil Kemenkes,” jelas Eka.

Atas pengambilalihan ini, dipastikan Akper Lahat akan mengalami banyak kemejuan, baik dari sarana prasarana maupun Sumber Daya Manusia (SDM). “Seperti kurangnya gedung atau laboraturium bisa ajukan pengajuan, untuk para tenaga pengajar ada dana beasiswa untuk melanjutkan pendidikan,” tegasnya. (rif) 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses