Aktivitas Warga 5 Desa Nyaris Lumpuh

Aktivitas Warga 5 Desa Nyaris Lumpuh
Posted by:

Karena Kondisi Jalan yang Rusak

BANYUASIN – Warga di lima Desa dalam Kecamatan Rambutan, Banyuasin terancam terisolir. Pasalnya kondisi jalan mengalami kerusakan hingga nyaris putus. Akibatnya ratusan Kepala Keluarga (KK) dan Siswa sekolah harus bergelut dengan lumpur saat melintas di jalan penghubung Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten OKI.

“Iya Kak cukup parah jalannya, apalagi disaat musim penghujan seperti ini, sering kali kawan yang mau berangkat sekolah mesti balik kerumah lagi, akibat kendaraan terperosok di dalam lumpur, ” ungkap Ana, salah seorang siswi SMA 1 Rambutan.

Sulit sekali melintas dijalan itu, karena kondisi kerusakan jalan sangat panjang. Tidak ada jalan alternatif lain sehingga terpaksa dengan segala resiko harus menempuh jalan berlumpur. ” Terkadang niat kami mau belajar menimba ilmu di bangku sekolah harus kandas lantaran kondisi jalan tidak dapat dilalui,” keluhnya.

Menanggapi hal itu Redho Munir Anggota DPRD Banyuasin mengungkapkan, kerusakan jalan disebabkan sering kalinya kendaraan bertonase parkir di bibir jalan, sehingga masyarakat atau siswa sulit untuk melintas.”Jadi tekstur tanahnya tidak kuat, jadi rusak,”tukasnya.

Dengan kondisi jalan seperti ini masyarakat tidak hanya rugi waktu, bahkan kerugian material jelas terjadi, misalkan warga tidak dapat mengangkut hasil bumi untuk di jual di luar wilayah Kecamatan Rambutan. Dia berharap pemerintah daerah memperhatikan kondisi jalan di wilayah ini, apalagi jalan ini merupakan akses utama warga desa menghubungkan dengan jalan poros kecamatan serta ibukota Provinsi Sumsel.

“Kelima desa yaitu Desa Rambutan, Tanjung Kerang, Suka Pindah, Durian Gadis dan Desa Siju berbatasan dengan Kabupaten OKI. Sedangkan ketika masuk ke wilayah tersebut kondisi jalan mereka sangat bagus, ini akan membuat pola pikir masyarakat menjadi ketimpangan,” lugas dia.

Lebih lanjut Redho Munir akan melakukan koordinasi dengan Pemkab Banyuasin, Sehingga pembangunan jalan tersebut dapat direalisasikan ditahun akan datang. Lanjutnya Apa lagi upaya Pemkab Banyuasin akan fokus untuk memperbaiki jalan poros, oleh karena itu diharapkan jalan tersebut dalam menjadi agenda bersama untuk segera diperbaiki. (cw04)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses