Alih Fungsi Jadi Ruko



Alih Fungsi Jadi Ruko


Posted by:

Mura, Palembang Pos.-
Lahan pertanian di Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas (Mura), terancam hilang. Soalnya, banyak lahan pertanian beralih fungsi dan dijadikan bangunan rumah toko (ruko).
Hal itu diakui, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Mura, Suharto Pati, kemarin. Dikatakannya, untuk mengantisipasi berkurang lahan pertanian,  pihaknya meminta Badan Penanaman Modal dan Perizinan agar berkoordinasi dalam pemberian izin mendirikan bangunan di atas lahan pertanian.
“Banyak alih fungsi lahan pertanian di Kecamatan Tugumulyo. Seharusnya, pembangunan harus memperhatikan tata ruang,” ujar Suharto.
Dijelaskannya, sejauh ini Perda tata ruang yang dikeluarkan Badan Penanaman Modal dan Perizinan pada 2013, setidaknya memberikan efek terhadap pemilik lahan untuk tidak asal mendirikan bangunan di atas lahan pertanian.
“Setidaknya, Perda tata ruang dapat meminimalisir  alih fungsi lahan pertanian. Kami juga punya wewenang agar dapat dimanfaatkan sesuai  peruntukannya,” ungkap Suharto.
Tugiman, warga Desa Air Satan menyatakan, hampir setiap tahun ada bangunan ruko baru. “Tiap tahun ruko bertambah, tapi itukan lahan mereka sendiri jadi mau diapakan lagi,” ujarnya.

Pantauan dilapangan, sejumlah lahan pertanian yang berada disepanjang
jalan Kecamatan Tugumulyo, sudah banyak ruko-ruko baru.
Kendati demikian, sepertinya tak menjadi persoalan bagi warga setempat. Bahkan mereka juga tidak mau tahu dengan bakal lenyapnya lahan pertanian yang menjadikan Mura sebaga ipendukung  lumbung pangan sumsel dan nasional. (yat)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses