Alumni SMPN 15 Pecahkan Rekor

Alumni SMPN 15 Pecahkan Rekor
Posted by:

PALEMBANG – Alumni SMPN 15 Palembang yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Plaju Palembang, Senin (18/6/18) lalu berhasil memecahkan rekor. Para alumni membuat sebuah pempek lenggang yang panjangnya hingga 4 meter, lebar 2 meter dan tebal 15 centimeter dengan waktu lima jam.
Ketua Panitia Pemecah Rekor MURI, Devi mengatakan, pembuatan pempek lenggang dengan panjang 4 meter, lebar 2 meter dan tebal 15,5 centi meter ini memakan waktu lima jam. “Kami melakukan pemasakan ini sejak pukul 6 pagi hingga pukul 11 siang. Alhamdulilah pempek lenggang ini matang dengan sempurna,” katanya.
Ia mengatakan proses pembuatan ini melibatkan 36 orang yang dilakukan secara gotong royong. “Semua yang mengejarkan ini adalah para alumni dari berbagai lintas profesi tapi tak ada satu pun yang chef alias koki,. Ada yang guru, ibu rumah tangga, dokter hingga polisi,” jelasnya.
Pempek lenggang ini dimasak dalam tiga lapisan dan dalam setiap lapisan ini memerlukan waktu hingga 1 jam lebih. “Kita pakai arang sebanyak 100 karung yang kita letakkan diatas dan dibawah oven atau panggang besar ini,” ungkapnya.
Selain itu, bahan yang dihabiskan yakni sebanyak 1,2 ton atau 1.200 kg telur ayam, 170 kg ikan gabus, 170 kg tepung kanji, 15 bungkus garam, 14 kg gula pasir, 100 karung arang, dan puluhan lembar daun pelepah pisang kepok.
“Persiapan ini sudah kita lakukan selama dua bulan. Dan sempat kendala karena kita melalukan uji coba beberapa kali dan akhirnya bisa dilakukan sampai berhasil seperti saat ini. Sempat takut juga tidak matang tengah karena ketabalan saja 15 centi lebih tapi alhamdulilah berkat kerja keras tim kami bisa menyelesaikan ini dengan baik,” bebernya.
Sementara itu, Ketua Alumni SMPN 15 Palembang, Ahmad Hartawan mengatakan pemecahan rekor Muri ini dalam rangka reuni akbar Alumni SMPN 15 Palembang. “Ini rangkaian dari kegiatan reuni yang akan kita gelar besok (hari ini, red) di hotel Horison Palembang yang dimeriahkan oleh artis ibu kota Cakra Khan,” katanya.
Tak hanya itu, aroma pempek lenggang yang dimasak dengan cara dipanggang ini sangat berbeda dengan pempek lainnya yang direbus dan di goreng. “Kalau lenggang ini dipanggang diatas bara api dengan menggunakan daun pisang yang membuat aromanya makin khas dan enak. Inilah alasan kita karena pempek lenggang ini istimewa dan kita angkat agar juga semakin dikenal di Indonesia bahkan dunia,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses