Antisipasi Pengemis Musiman

Antisipasi Pengemis Musiman
Posted by:

MERDEKA – Setiap Ramadan sejumlah titik masjid dan jalan protokol akan ramai pengemis musiman. Untuk itu, Satuan Polisi Pamongpraja dan Linmas Kota Palembang sudah menyiapkan antisipasi maraknya pengemis musiman dengan berpatroli secara rutin.
Kepala Satuan Polisi Pamongpraja dan Linmas Palembang, Tatang Dukadireja mengatakan, patroli rutin dilakukan untuk mengantisipasi kedatangan peminta-minta yang biasa berasal dari luar kota pempek. Pihaknya, akan memantau sejumlah area perbatasan di Kota Palembang secara intensif untuk mengantisipasi kedatangan pengemis selama ramadan.
“Sejauh ini, upaya antisipasi ini telah berjalan efektif. Meskipun jumlah pengemis semakin berkurang tetapi patroli tetap akan dilakukan secara berkelanjutan,” ujarnya.
Menurut dia, aktifitas pengemis  di jalan ini tidak hanya menyebabkan kota menjadi semerawut tetapi kerap memacu kemacetan lalu lintas. Karena itu, mengantisipasi aktifitas mereka menjadi langkah tepat untuk mengurangi berbagai masalah sosial.
Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Kota Palembang Faizar AR mengatakan, sesuai dengan Perwali yang kini masih dalam tahap sosialisasi siapapun memberikan pengemis di jalanan akan disanksi denda.
“Kalau ingin beramal silahkan datang ke panti asuhan atau kediaman orang tidak mampu bukan memberi peminta di jalan,” katanya.
Dia menambahkan, selama ini pihaknya telah melakukan penelitian terhadap pendapatan pengemis di kota pempek ini dengan rata-rata Rp400.000 perhari. Angka tersebut sangat fantantis. “Dalam Perda kami memberi sanksi denda Rp50 juta, serta pidana kurungan tiga bulan,” ujar Faizal.
Dengan adannya denda ini, lanjut Faizal, diharapkan bisa memberikan efek jera khususnya untuk anjal dan pengemis yang banyak dimanfaatkan oleh oknum untuk mencari uang. (ika)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses