Antisipasi Penyakit Jembrana, Perketat Pengawasan Sapi Bali

Antisipasi Penyakit Jembrana,  Perketat Pengawasan Sapi Bali
Posted by:

 

 

 

PRABUMULIH – Untuk mengantisipasi timbulnya atau penyebaran penyakit jembrana atau keringat darah pada hewan ternak khususnya sapi bali yang ada di Kota Prabumulih, dinas pertanian kota Prabumulih memperketat pengawasan terhadap sapi milik warga.

Tak hanya itu saja, petugas kesehatan hewan juga secara rutin memberikan vaksin jembrana terhadap sapi bali milik warga yang tersebar di enam kecamatan di Kota Prabumulih. “Vaksin jembrana diberikan sebagai bentuk pencegahan,” ujar Kabid Peternakan Dinas Pertanian Kota Prabumulih, drh H Nora Gustina ketika dibincangi wartawan.

Selain itu kata Nora, pemberian vaksin jembrana diberikan lantaran Kota Prabumulih termasuk dalam daerah yang dekat dengan wilayah yang terjangkit penyakit tersebut. “Jadi kita harus ketat mengawasi, seluruh sapi bali rutin kita periksa,” tandasnya.

Karena itu pula sambung Nora, meskipun saat ini belum ditemukan kasus penyakit jembrana peternak dihimbau untuk tetap waspada dengan secara rutin memperhatikan kondisi kesehatan sapi peliharaannya.

Sebab penularan penyakit jembrana kata Nora, berasal dari virus yang dibawa oleh sapi yang sudah terjangkit. “Karena itu, salah satu cara pencegahannya kita harus rutin membersihkan kandang, serta memberikan imun pada sapi supaya kuat sehingga tak rentan terserang penyakit,” bebernya.

Disinggung mengenai stok vaksin jembrana, Nora mengaku saat ini persediaan vaksin jembrana ada sekutar 200 dosis. Jumlah yang ada tersebut, dinilai masih kurang dari yang dibutuhkan.

“Kami kembali akan mengajukan permohonan bantuan vaksin jembrana ke pemerintah provinsi dan juga pemerintah pusat, sebab stok yang ada masih kurang,” tandasnya.

Masih kata wanita berdarah minang ini, saat ini penyebaran sapi bali di kota Prabumulih ada di lima kelurahan dan desa dengan jumlah populasi mencapai 400 ekor. “Semuanya rutin kami awasi melalui petugas kesehatan hewan,” pungkasnya. (abu)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses