APK Liar Mulaiū Ditertibkan

APK Liar Mulaiū Ditertibkan
Posted by:

PALI – Banyaknya Alat Peraga Kampanye (APK) yang tidak sesuai ketentuan sudah terpampang di sejumlah titik di wilayah Bumi Serepat Serasan. Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), melakukan penertiban.

Kegiatan penertiban APK yang dianggap liar tersebut, dibantu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten PALI dengan menyisir jalan-jalan utama agar APK yang tidak sesuai aturan dipasang bisa dbersih.

“Kami sebagai lembaga yang berwenang dalam pengawasan pelaksanaan Pemilu kepala daerah yang akan diselenggarakan secara serentak pada 27 Juni 2018, menertibkan APK seperti baliho, spanduk atau umbul-umbul dengan gambar pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumsel yang tidak sesuai ketentuan,” ungkap Sarwo Edi, salah satu Komisioner Panwaslu PALI, Selasa (27/2/18).

Dikatakannya bahwa kegiatan tersebut bakal dilakukan sampai tanggal 23 Juni 2018 apabila ada yang masih melanggar dalam pemasangan APK. Diakuinya, sebelum penertiban, pihaknya telah melayangkan surat pemberitahuan permintaan agar APK yang tidak sesuai agar dilepas oleh Parpol pengusung pasangan calon.

“Tetapi apabila sudah disurati maupun diminta secara lisan masih saja terpasang, maka pihaknya akan menertibkan dengan mengambil tindakan tegas menurunkan APK tersebut. ‎Kita gandeng Satpol-PP untuk penertiban APK yang melanggar. Dan penertiban ini bakal dilaksanakan sampai mendekati masa tenang agar PALI bebas APK liar supaya Pilgub Juni mendatang berjalan lancar,” terangnya.‎

Sementara itu, Kepala SatpolPP Kabupten PALI Manamin menyatakan, siap mendampingi Panwaslu dalam penertiban APK liar. ‎Kali ini kami sisir jalan protokol dari perbatasan di Desa Talang Bulang sampai tengah kota Pendopo, selanjutnya akan dilaksanakan ke semua kecamatan dalam menertibkan APK yang dinilai Panwaslu termasuk kategori liar.

“Dilapangan kita temukan selain dipasang dipinggir jalan juga banyak spanduk atau baliho paslon dipasang dirumah warga,” jelasnya. (day)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses