Asian Games, JSC Miliki Heliport

Asian Games, JSC Miliki Heliport
Posted by:

PALEMBANG-
Helikopter Puma jenis SA330 milik TNI angkatan udara mendarat mulus pada ujicoba landasan heliport yang dibangun untuk persiapan Asian Games 2018 di Komplek olahraga Jakabaring Sport City (JSC) Palembang. Ternyata mempunyai sejumlah keunggulan dari sisi keamanan dalam terbang dan pendaratan.
Pesawat yang diterbangkan langsung dari pangkalan militer Pekanbaru ini memulai take off untuk ujicoba pendaratan dari bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, kemarin.
Di tempat yang sama, Kadishub Sumsel Nelson Fridaus menambahkan, heliport ini berbeda dengan helipad. “Kalau helipad hanya untuk pendaratan saja, sementara heliport ini memiliki berbagai kelengkapan seperti pemadam kebakaran, penunjuk arah angin serta fasilitas pendukung lainnya,” kata Nelson.
Nelson menjelaskan, heliport ini dibangun selama 6 bulan dan dalam pengerjaan heliport ini memang sedikit memerlukan pengawasan khusus karena lokasi yang digunakan sebelumnya merupakan rawa-rawa. “Luasnya 30 x 30 meter, kedalamannya 24 meter. Mulai dari pemilihan lokasi serta pembangunan dilaksanakan bersama Kemenhub Pusat. Salah satu fasilitas yang sudah dimiliki heliport JSC adalah sistem HAPI (Helicopter Approach Path Indicator). Sistem ini sendiri memungkinkan pilot mengetahui kemiringan meluncur yang aman dan akurat pada pendekatan akhir terhadap helipad atau heliport. Pilot dapat dengan mudah menentukan apakah pendekatan mereka terlalu tinggi, terlalu rendah, atau benar pada kemiringan melalui kombinasi lampu merah dan hijau,” jelasnya.
Nelson menambahkan, pihaknya juga akan mengevaluasi apakah heliport ini akan dipergunakan untuk pendaratan di malam hari. Sementara ini, pihaknya baru dipersiapkan untuk pendaratan siang hari, namun kita juga sudah mengantipasi bila nantinya juga akan digunakan di malam hari. “Kami bersyukur karena di sesi uji coba ini semuanya berjalan baik. Helikopter dengan muatan besar dapat juga masuk, karena selama Asian Games nanti kita perkirakan banyak tamu VIP yang kemungkinan menggunakan transportasi seperti itu. Heliport ini memang tidak sembarang dan harus ada persyaratan teknis yang mesti dipenuhi, saat ini proses registrasinya juga telah kami lakukan,” pungkasnya. (cw05

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses