Atap Miring, Minat Membaca Menurun

Atap Miring, Minat Membaca Menurun
anak-anak kelas 1 dari SDN 51 Palembang tidak bisa membaca dengan nyaman, lantaran tempat yang sempit dan atap perpustakaan pun sudah mulai turun ke bawah

PALEMBANG – Atap ruang perpustakaan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 51 Palembang yang beralamat di jalan Ratu Sianom 2 Ilir sudah mulai turun. Hal tersebut dilatari seng dan atap bangunan dinding perpustakaan sudah mulai bolong dan merembes dimana-mana, sehingga ruangan khusus perpustakaan tersebut sangat mudah kemasukan air hujan.

Saat dijumpai di ruang kerjanya Kepala SDN 51 Palembang Sri Fauza mengatakan meski dirinya belum lama menjabat di SDN 51 Palembang, namun Ia sangat menyayangkan ternyata di sekolahnya masih tak seperti yang diharapkan para siswa/i. Sebab kawasan di tempatnya rata-rata fasilitas dan sarana di SD sudah banyak mengalami kemajuan dan perbaikan. “Tentu saja sekolah yang menjadi kebanggaan di kecamatan 2 Ilir ini, masih memiliki perpustakaan yang tak lagi layak untuk difungsikan, sebab untuk ruangan sendiri kita belum ada perbaikan,” katanya.

Dalam laporan kepala sekolah yang lama, mulai dari bangunan sudah banyak yang rusak, serta fasilitas yang minim, buku-buku pun banyak yang usang, sehingga mengurangi niat para murid untuk berkunjung ke perpustakaan itu. Sebelumnya dirinya juga pernah melaporkan hal tersebut kepada pihak terkait permintaan agar segera di perbaiki oleh pihak Dinas Pendidikan.

Diketahui, atap dan seng atasnya juga banyak yang bocor, apa lagi dinding sama lantainya juga sudah rusak semua, ditambah lagi bukunya sudah usang tinggal sedikit lagi. “Kerusakan atap bocor ini berbarengan dengan ruangan kelas yang bersampingan, sekitaran 2 tahun lalu malahan atap ruang perpustakaan sudah mulai miring atau turun, karena rusak terkena air hujan. Yang pasti kami sebelumnya sudah pernah melaporkan hal ini, akan tetapi hingga kini belum juga ada kabarnya,” ungkapnya.

Oleh karena itu seluruh guru dan siswa sangat berharap ketidaklayakan lagi perpustakaan itu, agar dapat direnovasi sehingga menambah semangat pada murid-muridnya untuk dapat kembali rajin datang ke perpustakaan itu. “Ya, apabila fasilitas sarananya di SD nya sudah membaik, tentu aktivitas belajar dan kegemaran membaca di perpustakaan akan semakin meningkat lagi,” bebernya.

Sementara itu, siswa SDN 51 Palembang kelas 6A Muhammad Afla Matahir mengatakan dirinya sudah sangat jarang ke perpustakaan soalnya tempatnya sempit, belum lagi jika ada hujan datang dirinya bersama teman-teman tidak bisa berkonsentrasi dalam membaca buku. “Harapan kami meski kami sudah akan tamat, kalau bisa ruangan perpustakaan segera diperbaiki, supaya adik-adik kelas yang mau belajar dan membaca pastinya akan lebih tertarik lagi,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply