Atletico ke Puncak Klasemen

Atletico ke Puncak Klasemen
Thomas Partey, saat menjebol gawang Levante yang dikawal Diego Marino. Gol Partey mengantar Atletico ke puncak klasemen.
Posted by:

MADRID – Atletico Madrid memetik poin penuh saat menjamu Levante lewat kemenangan 1-0. Hasil tersebut mengantar Los Colchoneros naik ke puncak klasemen menggeser Barcelona, yang beberapa jam sebelumnya ditahan imbang Espanyol.
Dalam pertandingan di Vicente Calderon, Minggu (3/1) dinihari WIB, Atletico tampil lebih dominan dengan penguasaan bola sebesar 56%. Tuan rumah juga lebih agresif dengan melepaskan 16 tembakan. Tetapi hanya dua di antaranya yang berstatus on target.
Meski demikian, keberuntungan tak berpihak pada Atletico. Tiga upaya tim arahan Diego Simeone itu sempat dimentahkan oleh tiang gawang.
Sundulan Stefan Savic meneruskan sepak pojok Koke di menit ke-28 mengenai mistar gawang. Di menit ke-54, giliran tendangan Koke yang membentur mistar. Tiang gawang sekali lagi menyelematkan Levante empat menit berselang, kali ini crossing Luciano Vietto dari sisi kanan yang membentur tiang.
Kebuntuan Atletico akhirnya terpecah sembilan menit jelang laga usai. Adalah pemain pengganti Thomas Partey yang menghadirkan gol untuk Atletico. Dia masuk di menit ke-73 menggantikan Jackson Martinez dan melakukan penetrasi melewati pemain belakang Levante untuk masuk ke dalam kotak penalti. Partey menuntaskan pergerakannya dengan tendangan kaki kanan yang tak bisa dihentikan Diego Marino.
Dengan kemenangan ini, Atletico naik ke puncak klasemen dengan 41 poin dari 18 pertandingan. Mereka unggul dua angka dari Barca yang beberapa jam sebelumnya ditahan Espanyol 0-0. Namun Barca masih punya satu laga tunda untuk dimainkan. Sementara itu, Levante masih terbenam di dasar klasemen dengan 11 poin.
Sementara Barcelona yang menutup tahun 2015 dengan memuncaki klasemen, membuka tahun 2016 dengan hasil imbang 0-0 kala bertandang ke Espanyol. Penampilan dominan Blaugrana sukses diredam tuan rumah.
Bertandang ke Cornella-El Prat, Sabtu (2/1) malam WIB, Barca menguasai bola hingga 69%. Tapi dari dominasi itu, anak asuh Luis Enrique tak menciptakan ancaman yang relatif sepadan.
Barca melepaskan 10 tembakan dan hanya dua mengarah ke gawang serta dua lainnya membentur tiang/mistar. Sementara Espanyol sendiri punya empat percobaan dan hanya satu yang tepat sasaran.
Kegagalan Barca menciptakan gol tak terlepas dari agresivitas pemain Espanyol. Mereka mampu memaksa Barca 19 kali kehilangan bola, meski juga banyak melakukan pelanggaran yakni 22 kali.
Di awal laga, Espanyol sempat mencoba menguasai permainan. Tapi perlahan-lahan Barca mulai mengendalikan pertandingan. Barca mencoba membangun peluang di menit ke-9, di mana Luis Suarez mengirimkan umpan silang ke Jordi Alba. Tendangan Alba cuma melenceng ke kiri.
Di menit ke-21, Lionel Messi melepaskan umpan tendangan bebas dari sisi kiri. Suarez menyambut dengan tendangan tapi melebar.
Espanyol punya sebuah peluang di menit ke-25, kala umpan sepak pojok Joan Jordan disambut sundulan Alvaro Gonzalez dari sudut sempit. Tak berbuah gol karena bola bisa diamankan Barca.
Barca nyaris membuka keunggulan di menit ke-36. Eksekusi tendangan bebas Messi hanya dimentahkan oleh mistar gawang saja.
Barca terus mencoba menekan dan menguasai permainan. Namun hingga laga usai Barca tak mampu membuat gol. Upaya Messi dan Suarez masih belum mampu mengoyak gawang lawan. (har/dbs)a

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses