Bagikan Deviden Tunai Rp 1 Triliun

Bagikan Deviden Tunai Rp 1 Triliun
Posted by:

PTBA Tbk Target Produksi 19,80 Juta Ton

Jakarta, Palembang Pos.-
PT Bukit Asam (Persero) Tbk pada  tahun buku 2013, membagikan deviden tunai sebesar Rp 1 triliun atau Rp 461,97 per lembar saham. Jumlah tersebut  merupakan 55 persen dari laba bersih perseroan tahun buku 2013 sebesar Rp 1,83 triliun.
Demikian dikatakan  Direktur Utama (Dirut) PTBA, Milawarma, saat jumpa pers  usai rapat umum pemegang saham (RUPS)  di Hotel Four Seasons, Jakarta. kemarin  (27/3).
”Perolehan laba bersih pada tahun 2013  merupakan kontribusi dari hasil penjualan batubara  sebesar 17,76 juta ton.  Jumlah tersebut terdiri dari 9,59 juta ton penjualan ekspor dan 8,17 juta ton berupa penjulan domestik dengan total omset Rp 11,21 triliun,” ungkapnya.
Namun lanjut Milawarma kinerja tahun 2013 mengalami penurunan produksi sekitar 37 persen dari target produksi yang ditetapkan. ”Jika dibandingkan dengan tahun 2012 lalu, laba bersih yang mampu dihasilkan mencapai Rp 2,9 triliun. Kondisi ini merupakan dampak penurunan indek harga batubara yang cukup signifikan pada tahun 2013, dengan rata – rata berada pada level 22 persen,” ujarnya.
Namun demikian lanjut Milawarma,  sebagai catatan, dari laporan keuangan semua emiten perusahaan tambang batubara plat merah, pihaknya memperoleh net provit margin margin tertinggi mencapai 15,6 persen.
”Hasil ini (net provit margin tertinggi,Red) berkat langkah-langkah strategis di bidang operasional, diantaranya kami memprioritaskan penjualan batubara kalori tinggi yang banyak diminati pasar ekspor,” tandasnya.
Sementara  Sekretaris Perusahaan, Joko Pramono menambahkan, pada  2014 ini pihaknya menargetkan volume penjualan batubara mampu mencapai 24,72 juta ton. Artinya, terjadi peningkatan 37 persen dari realisasi penjualan tahun lalu. Untuk mendukung target penjualan kata Joko  pihaknya  bersama anak perusahaan PT IPC menetapkan target produksi mereka sebesar 19,80 juta ton  melalui pembelian batubara dari pihak ketiga oleh anak perusahaan PTBA  sebesar 3,98 juta ton.
”Target ini  kami rasa  cukup realistis mengingat dukungan sejumlah proyek infrastruktur yang pada tahun ini siap beroprasi, diantaranya PLTU pelabuhan tarahan yang berkapasitas 2×8 MW untuk pemakaian sendiri,” pungkas Joko. (rob)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses