Baku Mutu Sungai Masih Stabil

Baku Mutu Sungai Masih Stabil
Posted by:

 

 

MUARADUA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) OKU Selatan (OKUS) mengakui kualitas Baku Mutu Air Sungai yang ada di wilayah OKU Selatan masih tetap stabil dan layak pakai untuk kebutuhan rumah tangga, seperti untuk mencuci pakaian, piring, namun bukan untuk dikonsumsi.

Hal ini sebagaimana yang diungkapkan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup OKU Selatan, Umar Safari S STP melalui Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (PPKLH), Masagus Jumaidi SE MM.

“Baku mutu sungai yang ada di OKU Selatan hingga kini masih stabil. Tapi untuk kebutuhan keluarga seperti mandi, mencuci, namun bukan untuk kebutuhan di konsumsi makan, karena belum di uji hiegenisnya kalau untuk di makan,” ucapnya.

Dikatakannya, sejauh ini pencemaran terhadap perairan sungai masih cukup terjaga sehingga limbah masih bisa di katakan tetap stabil dan masih terjaga. Maka dari itu pihaknya masih mengatakan baku mutu sungai masih tetap stabil kebersihannya.

Menurutnya, untuk baku mutu sungai ini tentunya peran masyarakat sangat penting untuk menjaga kebersihannya agar tetap terjaga, salah satu contoh kecilnya dalam menjaga kebersihan sungai ini dengan cara tidak membuang sampah di sungai agar tidak menjadi limbah.

Jika sungai tetap terjaga stabilitas kebersihannya, terangnya maka akan memberikan manfaat dan keuntungan bagi masyarakat sekitar, karena dengan terjaganya kebersihannya akan tetap dapat di gunakan untuk mandi, nyuci dan lainnya.

“Kalau masih bersih terus maka sungai yang ada di OKU Selatan dapat di manfaatkan untuk di gunakan kebutuhan keluarga, tapi kalau tidak bersih lagi bagaimana mau memanfaatkannya,” ujarnya.

Kalau masyarakat tidak membuang sampah pada sungai, terangnya maka sungai akan terjaga dari limbah, karena limbah itu sangat merusak kesetabilan kebersihan sungai, karena sampah sangat berdampak jika tetap di buangkan ke sungai.

Keberadaan sungai, sambungnya jika di jaga kualitas kebersihannya maka akan memberikan manfaat, namin jika kebersihannya saja tidak di jaga oleh masyarakat jangankan memberikan manfaat melihatnya saja sudah pasti tidak nyaman.

“Maka untuk itu kalau bukan kita maka siapa lagi yang akan menjaga stabilitas kebersihan sungai terutama yang ada di OKU Selatan seperti, sungai Komering, Selabung dan masih banyak sungai lainnya,” terang Jumaidi.

Maka untuk, terang Jumadi, pihaknya menghimbau masyarakat OKU Selatan agar tidak membuang sampah di sungai, karena kalau membuang sampah di sungai maka sampah tersebut akan menngendap di bagian hilir sehingga akan menimbulkan pencemaran.

“Mari kita sama-sama menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah di sungai. Mari kita melestarikan kebersihan, kejernihan, sungai dan jangan merusak sungai yang ada di Bumi Seransan Seandanan ini,” pintanya.

Dengan menjaga kebersihan sungai, tuturnya berarti masyarakat sudah mampu mencintai alam yang ada di muka bumi ini. “Untuk itu kami tidak merasa bosan-bosan untuk mengajak masyarakat agar senantiasa tidak membuang sampah di sungai,” pungkasnya. (res)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses