Band Drfahtruns dan Marawis Meriahkan HUT RI Ke-73

Band Drfahtruns dan Marawis Meriahkan HUT RI Ke-73
Posted by:
LUBUKLINGGAU – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia (RI), di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Lubuklinggau, Jumat (17/8), diwarnai kolaborasi Drfahtuns Band dan Marawis warga binaan Lapas setempat.

Lantunan sholawat dan lagu-lagu bernuansa islami dari wali band yang ditampilkan kolaborasi Band Drfahtuns dan Marawis warga binaan ini, menjadi acara penutup yang tidak saja meriah tetapi juga lebih bermakna.

Kreativitas seni warga binaan Klas IIA Lubuklinggau ini, mendapat apresiasi dari Pj Walikota Lubuklinggau, H Riki Junaidi, dan Muspida Kota Lubuklinggau. Bahkan kolaborasi band dan marawis warga binaan ini mendapat tawaran tampil dan mengisi acara di rumah dinas walikota.

“Luar biasa, pemain band dan marawis semua warga binaan, salut untuk pak Kalapas,” ujar Riki.

Sementara itu, Kalapas Klas IIA Lubuklinggau, Imam Purwanto, didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Subhan Malik, menyatakan bahwa band dan marawis yang ditampilkan dalam kegiatan peringatan hari kemerdekaan RI tersebut merupakan salah satu hasil program pembinaan yang diberikan kepada warga binaan. Program tersebut diakuinya diadopsi dari lapas lain yang telah lebih dahulu menjalankan program tersebut.

“Jadi kita mencontoh program dilapas lain, mana yang baik-baik kita ambil,” ungkapnya.

Selain program kesenian, dikatakan Imam, di Lapas Klas IIA Lubuklinggau juga ada program pembinaan rohani/keagamaan.

“Di sini juga ada pondok pesantrennya,” ujarnya.

Sementara itu, dalam rangkaian peringatan HUT ke-73 RI, di Lapas Klas IIA Lubuklinggau, diawali dengan upacara peringatan detik-detik proklamasi. Di mana dalam upacara, petugas upacara semuanya napapidana. Termaauk petugas pengibar bendera yang dinamakan pasukan merah putih narapidana.

Setelah upacara diisi dengan hiburan yang diiringi Drfahtuns Band. Acara sempat break sebentar karena waktu sholat jumat. Bakda Jumat, acara dilanjutkan kembali dengan pemberian remisi kepad 512 narapidana.

Kegiatan ini dibuka dengan tari lancang kuning sanggar tari Anggrek binaa  Dharmawanita Lapas Klas IIA Lubuklinggau. Pembacaan Murotal Al Quran surat Ar Rahman 1-11 oleh santri warga binaan Ponpes At Taubah Lapas  Lubuklinggau.

Kemudian ditutup dengan kolaborasi Drfahtuns Band dan Marawis yang semuanya juga dari warga binaan. (adv/yat)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses