Bandara Babullah Ditutup

Bandara Babullah Ditutup
Pesawat Sriwijaya Air terlihat nekat terobos landasan pacu bandara Sultan Babullah Ternate, yang dipenuhi debu vulkanik Gunung Gamalama yang meletus, Rabu (03/8). Foto Erwin/malut pos/jpnn
Posted by:

JAKARTA – Bandara Babullah di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), Rabu pagi (03/8), ditutup sementara. Penutupan ini dilakukan karena abu vulkanik erupsi Gunung Gamalama. Pos Pengamatam Gunungapi Gamalama PVMBG melaporkan, Gunung Gamalama meletus eskplosif lemah berupa abu vulkanik dengan tinggi 500-600 meter ke arah Tenggara hingga Selatan pada Rabu (03/8) pukul 06.28 WIT.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, penutupan bandara ini diperkirakan bakal berlangsung hingga besok (hari ini). “(Penutupan bandara Babullah-red) diprediksi hingga Kamis (4/8) pukul 10.00 WIT, akibat tertutup oleh abu vulkanik erupsi Gunung Gamalama,” ujar Sutopo dalam keterangannya.

Letusan gunung ini diduga dipicu gempa pada pukul 06.14.12 WIT, di mana terekam gempa tektonik 4,6 SR. Menurut BMKG, pusat gempa dari 86 km Barat Daya Halmahera Barat, kedalaman 18Km, 4.6SR, diikuti dengan tremor menerus dengan amplituda maksimum 1.5 mm. PVMBG akan terus melaporkan perkembangan erupsi gunung kepada BNPB dan BPBD.

#Angin Ribut Batalkan 150 Penerbangan

Sementara itu, aktivitas penerbangan di Hong Kong lumpuh akibat Topan Nida yang melanda wilayah otonomi khusus Tiongkok itu. Sedikitnya 150 penerbangan di Bandara Internasional Hongkong alias Bandara Chek Lap Kok batal. Ribuan penumpang pun terpaksa telantar.

Angin ribut membuat pemerintah memasang peringatan tingkat 8 itu menghantam Hong Kong. Selanjutnya, Nida melemah dan bergerak menuju Tiongkok. ’’Dengan kecepatan 151 kilometer per jam, angin memorak-porandakan bangunan di jalur lintasannya. Tiga orang terluka dalam bencana itu,’’ jelas jubir pemerintah kemarin (02/8).

Selain merobohkan bangunan bertingkat, Nida menumbangkan banyak pohon. Malamnya hujan deras mengguyur wilayah di muara Sungai Pearl tersebut. Namun, esok harinya aktivitas warga Hongkong kembali normal. Bus dan kereta api yang terhenti pada Senin juga kembali beroperasi. Namun, tidak demikian dengan penerbangan. Sebab, otoritas bandara perlu memastikan jalur penerbangan sudah aman.

“Sekitar 500 penerbangan baru akan kembali beroperasi Selasa ini (kemarin),’’ kata salah seorang petugas di bandara Senin malam lalu. Biasanya, bandara mampu melayani 1.100 penerbangan setiap hari. Namun, sejak awal pekan ini otoritas bandara mengurangi penerbangan gara-gara Nida. Penumpukan penumpang pun terjadi di bandara. Mereka duduk, bahkan tidur di lantai terminal kedatangan dan penerbangan.

’’Maskapai tidak memberikan informasi yang konsisten. Tidak ada pengumuman tentang jadwal penerbangan maupun kompensasi. Ini benar-benar kacau,’’ ucap salah seorang penumpang kepada stasiun televisi TVB.

#Gempa di NTB, 682 Rumah Rusak

Terpisah, juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, gempa bumi di Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) Senin lalu, mengakibatkan sekitar 682 unit rumah rusak.

Dengan rincian 91 rumah rusak berat, 85 rumah rusak sedang dan 516 rumah rusak ringan. “Selain itu gempa juga telah menyebabkan empat orang luka ringan, bangunan fasilitas umum enam rusak berat, sebelas rusak sedang dan sepuluh rusak ringan,” ujar Sutopo.

Menurut Sutopo, kerusakan akibat gempa sangat dirasakan warga enam desa di Kecamatan Pekat. Masing-masing Desa Nangamero, Kadindi Barat, Pekat, Calabay, Kadindi Timur dan Desa Karumbu.

“Upaya penanganan darurat sampai saat ini masih dilakukan. Unsur aparatur dari Kecamatan Pekat, polsek, koramil dan puskesmas bergotong royong membersihkan/menolong masyarakat setempat,” ujar Sutopo.

Sementara itu, terkait aktivitas Gunung Rinjani dengan puncak kawah Barujari sampai saat ini tetap normal. Tidak ada peningkatan aktivitas vulkanik dan kegempaan. Juga tidak ada erupsi susulan setelah sebelumnya meletus mengeluarkan abu vulkanik.

“Bandara Internasional Lombok juga sudah beroperasi normal sejak Selasa Pukul 08.00 WITA. Otoritas bandara telah membersihkan abu vulkanik di bandara, aktivitas penerbangan telah normal kembali,” ujar Sutopo. (gir/boy/sam/jpnn)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses