Bangun Frontage, Jalan Tutup Total

Bangun Frontage, Jalan Tutup Total
Pengguna jalan menerobos penutup jalan yang dipasang, saat akan melintas menuju KM 12 . Penutupan jalan total ini dilakukan untuk membangun fly over. Foto : jpnn
Posted by:

Pengguna Jalan Kebingungan

PALEMBANG- Penutupan total di Jalan Kolonel H Barlian tepatnya di depan simpang Bandara SMB II menuju KM 12, karena untuk pembangunan fly over, membuat pengguna jalan kalang kabut. Pasalnya, penutupan jalan ini dinilai pengguna jalan tidak ada sosialisasi dari kontraktor.

Pengguna jalan pun dialihkan untuk lewat Jalan Soekarno Hatta. Pantauan Palembang Pos, meski sudah ditutup masih ada pengguna jalan yang nekad untuk menerobos. Selain itu, jalur alternatif jalan pintaspun ditempuh untuk sampai ketujuan. Akhirnya hal ini membuat jalan alternatif yakni Maskerebet macet panjang.

“Kita tidak mengetahui jika jalan ini ditutup, tiba tiba saja. Seharusnya tiga hari sebelumnya sudah diimbau, sehingga kami sebagai pengguna jalan tidak kalang kabut seperti ini,” ujar Natagara, Warga KM12 yang melintasi jalan tersebut.

Akhirnya pengendara yang hendak melintas ke arah km 12 atau dari arah km 12 hendak ke kota memilih jalan alternatif yakni kawasan Maskarebet. “Sekarang kami terjebak macet, meskipun ada polisi yang mengatur disetiap persimpangan,” paparnya.

Sementara itu, Menurut PPK fly over Simpang SMB II-TAA, Harun Nurasyid mengungkapkan, penutupan total ini harus dilakukan karena ada pengerjaan frontage di kawasan tersebut.
“Sebelumnya hanya sebelah kanan saja yang ditutup. Itu akan ditutup sampai fly over selesai. Nah, yang di sisi kiri ini juga ditutup tapi hanya sementara. Nanti akan dibuka kembali setelah pembangunan frontage selesai,” jelasnya.

Harun membantah jika penutupan jalan tersebut dilakukan mendadak. Karena sebelumnya dia sudah melakukan koordinasi dengan anggota Sat Lantas Polresta Palembang serta Dinas Perhubungan Kota Palembanguntuk mengantisipasi masalah kemacetan. “Kita berharap masyarakat sabar,” harapnya.

Ditempat berbeda, Kasat Lantas Polresta Palembang, Kompol Harris Batara SIk mengatakan, jika dia tidak bisa berbuat banyak akibat penutupan jalan tersebut. Pasalnya penutupan tersebut dilakukan untuk proyek pembangunan.

“Awalnya kan ditutup hanya separuh, ini malah di tutup semua. Kesannya memang mendadak dan kita tidak menerima pemberitahuan sebelumnya akan penutupan seperti itu,” tuturnya.
Sementara Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Sulaiman Amin mengungkapkan, pihaknya masih koordinasi dengan kontraktor pembangunan fly over.

“Ya, kalau ditutup total memang resikonya besar. Jalan tersebut jadi mati. Ini dampaknya bagi pelaku usaha di jalan menuju KM 12 tersebut. Belum lagi warga yang tinggal di kawasan tersebut, disitu ada sekolah juga. Karena itu, kita sekarang koordinasi lagi,” beber dia.

Untuk sementara ini, sambung dia, warga sekitar atau kendaraan kecil yang hendak menuju ke Jalan Soekarno Hatta bisa melintas melalui Jalan Sembaja, Jalan Rama Raya, Jalan Pindang Umak, dan kawasan Maskarebet.

“Sedangkan warga yang hendak melintasi di Jalan Kol H Barlian tepatnya di kawasan KM 9-KM 10 ini, dapat melintas melalui jalan by pass Alang-alang Lebar yang nantinya akan tembus ke Jalan Soekarno Hatta,” pungkasnya. (nik)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses