Baru 12 Sekolah Full Day

Baru 12 Sekolah Full Day
Posted by:

 

LAHAT –

Dari 12 SMK dan 38 SMA di Kabupaten Lahat, baru 12 sekolah yang menerapkan sekolah lima hari dalam sepekan atau full day. Sekolah yang menetap 48 jam pelajaran dalam sepekan itu terdiri, empat SMK dan delapan SMA. Faktor sarana pendukung belum siap, masih banyak sekolah yang belum menerapkan full day ini.

“Sarana dan prasarana belum memadai,” kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Lahat, Baslini MPd. Apalagi sekolah tersebut tersebut di 24 kecamatan. Sehingga beberapa sekolah masih belum memiliki sarana pendukung untuk menerapkan sekolah lima hari ini.

Namun, penerapan full day sejak tahun pelajaran 2018/2019 ini disambut baik siswa. Salah satunya siswa SMK Negeri 2 Lahat, yang sudah menerapkan program pemerintah pusat ini. “Kita fokus di sekolah, waktu yang tersisa diluar sekolah murni untuk belajar dan berkumpul bersama keluarga,” kata Rossa (15), siswi kelas X Jurusan Tata Boga SMK Negeri 2 Lahat.

Menurutnya, sebelum penerapan full day, pulang sekolah banyak siswa, termasuk dirinya banyak menghabiskan waktu hanya untuk bermain diluar rumah saja. Dengan adanya full day, siswa dapat mengerti dan memanfaatkan waktu dengan sebaiknya. “Dulu banyak kongko-kongko saja. Sekarang aktivitas di luar yang sia-sia berkurang, karena lebih banyak di sekolah. Sabtu dan Minggu bisa mengulang pelajaran di rumah dan bisa kumpul keluarga,” ujarnya.(rif)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses