Bawa Sabu dan Senpira Diciduk

Bawa Sabu dan Senpira Diciduk
Kapolsekta IB II Kompol Ahmad Firdaus, menunjukkan barang bukti senpira yang disita dari tersangka Apriyanto. Foto Agus/Palembang Pos
Posted by:

IB II – Apriyanto (36), warga Jalan Kadir TKR, Lorong Sailin, RT 25/07, Kelurahan 36 Ilir, Kecamatan Gandus, dibekuk Unit Reskrim Polsekta Ilir Barat (IB) II, Jumat (03/06), sekitar pukul 17.00 WIB. Pelaku dibekuk saat melintas di Jalan Ki Gede Ingsuro, Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat (IB) II.

Saat digeledah, petugas mendapati narkoba jenis sabu yang disimpan di helm, dan senjata api beserta amunisi. Akibatnya, pelaku terancam hukuman Pasal 112 UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dan Undang-undang Darurat No. 12 tahun 1951 tentang kepemilikan senjata api.
Dihadapan polisi, pelaku Apriyanto mengaku mendapatkan sabu-sabu tersebut setelah dibeli dari seseorang yang berada di Lorong Jambu, seharga Rp 250 ribu. “Saya tidak kenal dengan penjualnya. Saya hanya bertemu saja di pinggir Lorong Jambu dan rencananya sabu itu mau dikonsumsi sendiri,” kata pelaku saat diamankan di Mapolsekta IB II, Minggu (05/6).

Saat ditanya mengenai kepemilikan senjata api, pelaku Apriyanto mengaku, senpi tersebut memang merupakan miliknya. “Memang milik saya, tapi itu hasil nemu. Senpi dan amunisi itu saya temukan tergeletak di pinggir Lorong Jambu, sudah sekitar dua minggu yang lalu,” ungkap dia.

Di sisi lain, gerak-gerik yang mencurigakan dari tersangka Andi (35), warga Jalan SM Mansyur, Lorong Lebak Keranji, Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, membuat polisi yang saat itu sedang melakukan patroli rutin, melakukan penggeledahan terhadap pelaku, Rabu (01/6), pukul 21.00 WIB.

Benar saja, saat dilakukan penggeledehan terhadap pelaku, di dalam jaket yang dikenakannya, petugas menemukan satu paket kecil sabu seharga Rp 200 ribu. Selain itu, polisi menemukan kantong plastik kosong yang diduga digunakan tersangka untuk membungkus sabu.

Menurut pengakuan bapak satu anak ini, baru satu bulan terakhir ini dirinya menggunakan sabu dirinya mendapatkan sabu di Lorong Jambu, Kecamatan Ilir Barat I. “Rencananya sabu itu mau saya pakai sendiri,” kata dia saat diamankan di Mapolsek IB II, Minggu (05/6).
Kapolsekta IB ll Kompol Ahmad Firdaus, didampingi Kanit Reskrim Ipda Jhony Palapa menuturkan, penangkapan Apriyanto berawal dari petugas mendapatkan informasi, akan ada transaksi sabu dengan ciri-ciri yang disebutkan.

“Setelah ditunggu, tidak berselang lama orang dengan ciri-ciri dimaksud dating, hingga kemudian langsung kita tangkap dan memeriksanya. Benar saja, saat dilakukan pemeriksaan, dari balik helm yang digunakan tersangka ini didapati satu paket kecil sabu,” terangnya.

“Malam harinya atau sekitar pukul 22.00 WIB, kita kembangkan dengan mendatangi rumahnya dan saat dilakukan penggeledahan tepatnya dari lemarinya ditemukan Senpira berikut amunisinya yang berjumlah enam butir,” ungkapnya.

Ditambahkan Firdaus, pihaknya juga melakukan tes urine terhadap urine tersangka dan dari hasil pemeriksaan diketahui urine tersangka pun positif mengandung narkoba. “Akibat ulahnya, tersangka akan dikenakan Pasal berlapis yakni Pasal 112 UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Undangan-undang Darurat No. 12 tahun 1951 tentang kepemilikan senjata,” pungkasnya.

Sedangkan untuk tersangka Andi, ditangkap petugas saat tengah patroli. Karena mencurikan, petugas menghentikan laju motornya dan didapati sabu paket kecil dan enam bungkus kantong sabu kosong. “Tersangka ini diduga akan menjual kembali sabu yang sudah dibelinya karena didapati bungkus kosong plastik sabu,” tukas Kapolsek. (jem/cw02)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses