Bawaslu OKU Kumpulkan Pengurus Parpol

Bawaslu OKU Kumpulkan Pengurus Parpol
Posted by:

BATURAJA –

Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), mengelar Rapat Koordinasi Pengawasan Tahapan Penetapan Daftar Calon Tetap DPRD Prov dan DPRD Kab/Kota Pada Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden Tahun 2019.

Kegiatan yang dipusatkan di Sekretariat Bawaslu OKU, Senin (17/9/18) ini dihadiri Ketua KPU Kab OKU Naning Wijaya dan Perwakilan Partai Politik (Parpol) di daerah Berjuluk Bumi Sebimbing Sekundang.

Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya didampingi anggota Bawaslu OKU Devisi Pengawasan, Hubal dan Humas Yeyen Andrizal mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyatukan pencegahan sebelum penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Calon DPRD OKU, Kab OKU.

“Semua pimpinan parpol kita undang. Dan semuanya dihadiri perwakilan parpol. Hal ini dilakukan untuk melakukan pencegahan sengketa pada saat dan setelah penetapan DPT,” jelasnya.

Yang disampaikan kata Dewantara pertama ditekankan syarat adminitrasi. Misalnya SK pemberhentian dari DPD DPRD, TNI dan Polri bagi Caleg. Hal ini sesuai dengan PKPU 20 tahun 2018 tentang pencalonan Anggota DPRD Prov dan Kab/Kota. Hal ini diatur dalam pasal 26 -pasal 27.

“Khusus untuk anggota DPRD aktif yang mencalonkan diri kembali menjadi anggota DPRD dari partai lain harus berhenti. Sesuai PKPU 20 tahun 2018 pasal 27, bahwa yang bersangkutan harus berhenti,” ucapnya.

Disinggung apakah ada anggota DPRD aktif yang mencalonkan diri sebagai Caleg dari Partai lain, kata Yeyen ada. Informasi terakhir minimal menyerahkan surat pengunduran diri sebagai anggota DPRD OKU sebelum DCT diumumkan. (len)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses