Beban di Pundak Cavani-Forlan

Beban di Pundak Cavani-Forlan
Posted by:

Cedera, Suarez Bisa Tercoret

MONTEVIDEO – Di usia yang sudah 35 tahun pada 19 Mei lalu, Diego Forlan sejatinya diplot hanya sebagai pelapis bagi duet penyerang utama Uruguay, Luis Suarez-Edinson Cavani. Tapi, seiring operasi lutut yang dijalani Suarez kemarin (22/5) pagi waktu Montevideo setelah Suarez terkena cedera dalam latihan sehari sebelumnya, Pemain Terbaik Piala Dunia 2010 itu pun harus siap berbagi beban dengan Cavani di Piala Dunia 2014.
Sebab, Suarez diperkirakan baru akan bisa bermain lagi sekitar empat sampai enam pekan akibat cedera lutut tersebut. Padahal, ajang sepak bola terakbar sejagat tersebut sudah akan dimulai dalam tiga pekan.
Laga pertama Uruguay adalah melawan Kosta Rika pada 14 Juni. Lima hari berselang menghadapi Inggris, dan Italia di pertandingan terakhir grup D pada 24 Juni.
Kalau Suarez sampai absen, jelas bakal sangat memukul Uruguay. Pencetak 38 gol bagi juara dunia 1930 dan 1950 itu tengah berada dalam form terbaik seperti ditunjukkan bersama Liverpool di musim 2013-2014. Suarez pun terpilih sebagai Pemain Terbaik Liga Inggris versi PFA (Asosiasi Pemain Profesional) dan FWA (Asosiasi Penulis Sepak Bola).  
Empat sampai enam pekan itu pun hitung-hitungan optimistis. Karena, berkaca kepada pengalaman striker Spanyol Fernando Torres yang juga menjalani operasi meniskus sekitar dua bulan jelang Piala Dunia 2010 harus absen dari lapangan hijau selama tujuh pekan.
Kemungkinan terburuk, penyerang Liverpool yang juga top scorer Premier League musim lalu dengan 31 gol itu bahkan harus beristirahat selama empat bulan. Dan, itu jelas akan berpengaruh dalam perjuangan Liverpool musim depan.
”Ini benar-benar di luar dugaan. Yang bisa kami katakan, kami akan segera mengambil keputusan,” kata sebuah sumber di AFU (Asosiasi Sepak Bola Uruguay), seperti dikutip Daily Mail.
Tenggat penentuan skuad 23 pemain semua partisipan Piala Dunia 2014 ditetapkan FIFA pada 2 Juni. Karena itu, kalkulasi Uruguay harus secermat mungkin terkait durasi penyembuhan Suarez.
Kalau nama penyerang 27 tahun itu tetap dimasukkan dan ternyata cederanya tak kunjung pulih selama Piala Dunia, Uruguay sudah pasti akan rugi. Berada di grup D yang tergolong maut, juara dunia dua kali itu butuh semua pemain berada dalam kondisi fit untuk bisa sampai ke babak berikutnya.
Tapi, bila Suarez dicoret, praktis Uruguay tinggal punya penyerang berpengalaman pada diri Cavani dan Forlan. Padahal, di usianya yang sudah uzur, sulit mengharapkan Forlan bisa tampil konstan dari laga ke laga.
Di luar mereka, opsi yang dimiliki Uruguay adalah penyerang Espanyol Christian Stuani dan penggedor Palermo Abel Hernandez. Stuani baru delapan kali membela Uruguay dengan donasi dua gol, sedangkan Hernandez mencatat 11 caps dengan sumbangan tujuh gol.
”Kami masih menyimpan harapan Luiz bisa tampil di laga kedua melawan Inggris,” kata Roberto Pastoriza, eksekutif AFU, di situs resmi AFU.
Suarez dikabarkan sebenarnya mulai merasa ada yang salah dengan lututnys saat pertama bergabung dalam latihan Uruguay pada Selasa (20/5) pagi. Tapi, dia memaksakan tetap berlatih hingga akhirnya benar-benar mengalami masalah pada Rabu (21/5). (ttg)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses